Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Galeri Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas V SD Negeri 1 Surabaya Kecamatan Padangratu Tahun Pelajaran 2017/2018

Rohfinatun, . (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Galeri Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Kelas V SD Negeri 1 Surabaya Kecamatan Padangratu Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ROHFINATUN.pdf - Other

Download (9MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di SD pelaksanaannya harus dilakukan secara aktif, inovatif, kreatif dan mampu menumbuhkan respon yang positif dari siswa sehingga melalui pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan dapat menciptakan siswa yang memiliki keahlian.

Peningkatan dan pengembangan life skil di dunia pendidikan dapat dilakukan melalui pengajaran SBK(Seni Budaya dan Keterampilan). Namun karena SBK (Seni Budaya dan Keterampilan) bukan merupakan pelajaran akademik dan dianggap pelajaran yang tidak begitu penting, selain itu pembelajaran yang digunakan juga kurang bervariasi, sehingga sering tersisih oleh mata pelajaran lain dan siswa kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang sehingganya hasil belajar yang diperoleh pun rendah.

Hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan siswa SD Negeri 1 Surabaya Kecamatan Padangratu terbilang rendah. dari 26 siswa yang tuntas berjumlah 8 siswa sedangkan yang belum tuntas 18. Meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pembelajaran yang mampu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi siswa sehingga respon yang diberikan oleh siswa adalah respon positif dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran yang penulis pilih adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran galeri. Strategi pembelajaran ini diharapkan selain meningkatkan hasil belajar juga dapat membekali siswa dengan sebuah kebisaan.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Surabaya Kecamatan Padangratu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan strategi pembelajaran Galeri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Surabaya Kecamatan Padangratu Kabupaten Lampung Tengah Tahun Ajaran 2017/2018, dan tujuan penelitian yang peneliti lakukan adalah mengetahui penggunaan strategi pembelajaran Galeri dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Surabaya Kecamatan Padangratu Tahun Ajaran 2017/2018.

Teknik pengambilan data yang peneliti lakukan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan untuk teknik analisis data peneliti menggunakan rumus hitung rata-rata dan rumus hitung ketuntasan belajar siswa.

Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran galeri respon siswa sangat antusias dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II, dengan rata-rata tes hasil belajar siswa pada akhir siklus I sebesar 71,15 serta pada akhir siklus II 71,34 dengan presentase ketuntasan pemahaman siswa mencapai 73% di Siklus I dan 81% di siklus II. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran galeri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 11 May 2020 06:43
Last Modified: 11 May 2020 06:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item