Nur ‘aini, . (2018) Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Metode Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI EDIT KU.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Ma’arif 1 Punggur karena dari 12 siswa hanya 4 siswa saja yang dikatakan terampil karena keempat siswa tersebut telah memenuhi kategori indikator keterampilan yaitu terampil dalam berinteraksi, berkomunikasi, membangun kelompok, dan menyelesaikan masalah. Keempat siswa tersebut memiliki nilai rata-rata 65. Sedangkan untuk kedelapan siswa lainnya masuk dalam kategori kurang terampil karena tidak memenuhi kategori terampil yang terdapat dalam indikator keterampilan sosial. Keenam siswa tersebut memiliki nilai dengan rata-rata 45. Hal ini disebabkan oleh keterampilan sosial siswa/i kelas IV masih rendah, karena antusias mereka dalam mengikuti pembelajaran masih kurang dan siswa siswa/i terlihat bosan saat mengikuti mata pelajaran IPS. Diperlukan adanya penelitian sebagai upaya untuk memperbaiki keterampilan sosial dan aktivitas siswa yang rendah.
Rumusan masalah pada skripsi ini adalah Apakah penggunaan metode pembelajaran tipe make a match pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV MI Ma’arif 1 Punggur Lampung Tengah semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa?
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV MI Ma’arif 1 Punggur dengan menggunakan tipe make a match. penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian meliputi analisis kuantitatif dan kualitatif, indikator keberhasilan penelitian adalah meningkatnya keterampilan sosial siswa sesuai dengan indikator yang terdapat dalam keterampialan sosial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa IV MI Ma’arif 1 Punggur. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan keterampilan sosial siswa pada siklus I yaitu 62,36% dan terjadi peningkatan sebesar 22.01% sehingga pada siklus II menjadi 84,37%. Sedangkan hasil tes keterampilan sosial siswa pada siklus I yaitu 50% dan terjadi peningkatan 25% sehingga pada siklus II menjadi 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 09 May 2020 22:59 |
Last Modified: | 09 May 2020 22:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3190 |
Actions (login required)
View Item |