Meinda, Tisza Rizky (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Problem Solving Siswa Kelas IV MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TISZA RIZKY MELINDA.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan saat terselesaikannya bahan pelajaran. Bukti bahwa seseorang telah belajar ialah terjadinya perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Proses pembelajaran di kelas IV MIN 1 Adirejo Lampung Timur masih kurang aktif, sehingga kurang antusias siswa untuk belajar, banyak siswa yang sibuk mengobrol dengan teman-temannya bahkan ada yang bermain-main sehingga menyebabkan kurang fokus belajar dan materi yang tidak tersampaikan dengan utuh kepada seluruh siswa, kondisi tersebut menyebabkan rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan sebuah upaya perbaikan pada proses pembelajaran melalui penerapan metode Problem Solving. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV MIN 1 Adirejo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode Problem Solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk meningkatkan proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIN 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian menggunakan model PTK dengan penerapan metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV MIN 1 Adirejo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi terhadap kegiatan siswa dan lembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.
Dari hasil analisis yang telah dilalukan diketahui bahwa dengan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 Lampung Timur, hal ini dapat dilihat dari presentase hasil posttes terjadi peningkatan 25% dari siklus I dengan hasil 70% dan siklus II 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV MIN 1 Adirejo Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 May 2020 13:25 |
Last Modified: | 07 May 2020 13:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3194 |
Actions (login required)
View Item |