Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SDIT Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan Kota Metro Tahun Pelajaran 2017/2018

Khairunnisa, Dhiya Hana (2018) Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa Di SDIT Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan Kota Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DHIYA HANA KHAIRUNNISA.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber utama dalam ajaran Islam. Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk disampaikan pada umat manusia sebagai salah satu rahmat yang tiada taranya bagi alam semesta. Al-Qur’an adalah sebaik-baik bacaan bagi orang mukmin, baik di kala senang maupun susah, di kala gembira maupun sedih. Di dalam Al-Qur’an pun telah dijelaskan segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan dunia dan akhirat bagi makhluk yang ada di alam semesta ini. Usia anak-anak adalah waktu yang cocok untuk menghafal Al Qur’an. Diusia itu, fikiran masih jernih, sehingga lebih mudah untuk menghafal Al Qur’an. Menghafal Al Qur’an bukanlah pekerjaan yang mudah, diperlukan ketekunan, tekat yang tinggi, motivasi yang kuat, metode yang cocok dan dukungan dari orang tua.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana orang tua siswa menjalankan perannya dalam mendukung program sekolah, terutama dalam meningkatkan motivasi anak menghafal Al-Qur’an di SDIT Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan Kota Metro sehingga kegiatan ini membantu mewujudkan program dalam mencapai salah satu misi sekolah.

Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di SDIT Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan Kota Metro. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 10 siswa kelas V yang bersekolah di SDIT AlMuhsin dan orang tua dari masing-masing siswa tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua memiliki peran yang penting dalam memotivasi anak untuk menghafal Al-Qur’an. Motivasi itu dapat berupa orang tua memberi contoh dan memberi perintah untuk mencontoh, orang tua memberi dorongan (motivator), orang tua memberi tugas dan tanggung jawab, orang tua memberi kesempatan mencoba, dan orang tua mengadakan pengawasan dan pengecekan. Berdasarkan analisis data yang diadakan di SDIT Al-Muhsin Kecamatan Metro Selatan Kota Metro dapat disimpulkan dan dipahami bahwa peran orang tua dalam memotivasi menghafal Al-Qur’an anak dapat dikatakan kurang baik karena 5 orang tua siswa telah menjalankan perannya sebagai orang tua dengan baik dalam hal pendidikan anak terutama dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an sedangkan 5 orang tua siswa lainnya belum menjalankan perannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 May 2020 13:25
Last Modified: 07 May 2020 13:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3196

Actions (login required)

View Item View Item