Zedta, Rayfine Farhantri (2018) Penggunaan Metode Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III MIM Hadimulyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI FARHANTRI ZEDTA NPM. 13105655.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkahlaku. Namun kenyataannya masih terdapat siswa di MIM Hadimulyo khusunya kelas III yang mendapat hasil belajar dibawah KKM. Hal ini dikarenakan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang diberikan oleh guru bahkan siswa mengalami kesulitan apabila guru memberikan pertanyaanpertanyaan seputar materi pelajaran. Sering kali diberi kesempatan untuk bertanya namun siswa hanya terdiam tidak berani bertanya bahkan merasa malu sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul penggunaan metode pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas III MIM Hadimulyo sebanyak 25 siswa dengan Standar Kompetensi memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan dokumentasi.
Sedangkan untuk alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian berupa RPP, silabus, lembar aktivitas siswa, data hasil belajar siswa, dan lembar observasi aktivitas guru mengajar yang diterapkan pada kedua siklus. Hasil penelitian dengan penerapan metode pembelajaran Kontekstual dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa meningkat secara keseluruhan 25,30% dari siklus I sebesar 42,26% menjadi 67,56% pada siklus II. Sedangkan terhadap hasil belajar siswa pada siklus I didapati nilai rata-rata siswa yaitu 85,71 dengan presentase ketuntasan mampu mencapai 100% setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 86,57 dengan presentase ketuntasan mampu mencapai 100%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan penggunaan metode pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MIM Hadimulyo Tahun Pelajaran 2017/2018. Harapan penulis, penelitian ini nantinya dapat dijadikan acuan dan diterapkan pada kelas lain yang memerlukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 07 May 2020 13:26 |
Last Modified: | 07 May 2020 13:26 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3198 |
Actions (login required)
View Item |