Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas V MI NU Purwosari Metro Utara Tahun Pelajaran 2017 / 2018

Usnaini, Nayuk (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas V MI NU Purwosari Metro Utara Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
NAYUK USNAINI 13105505 PGMI.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS sebagai ilmu sosial yaitu untuk mendidik siswa dalam memahami ilmu-ilmu sosial seperti perilaku yang kaitannya dengan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, lingkungan, dan mampu membekali siswa menjadi warga negara yang baik yang berkemampuan sosial, berkomunikasi dengan masyarakat dan bertanggung jawab. Berdasarkan hasil survey, sebagian besar siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, guru belum menggunakan beberapa variasi model pembelajaran, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS masih rendah dan masih banyak yang tidak mencapai KKM.

Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan upaya perbaikan pada proses pembelajaran IPS melalui Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture di kelas V MI NU Purwosari Metro Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 dapat ditingkatkan?”. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Picture and Picture pada siswa kelas V MI NU Purwosari Metro Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.

Jenis penelitian ini adalah PTK dengan pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar observasi dalam proses pembelajaran, yakni untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran siswa, dan lembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran dilakukan sebanyak 2 siklus dengan 4 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu, 67,85%, menjadi 89,28%, dengan peningkatan 21,43%. Maka dengan hasil ini target yang ingin dicapai dari siswa memperoleh nilai >65 sebanyak 80% dapat dicapai. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MI NU Purwosari Metro Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 dan model Picture and Picture dapat digunakan sebagai model alternatif pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 May 2020 13:26
Last Modified: 07 May 2020 13:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3199

Actions (login required)

View Item View Item