Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas V MI AL-Khoiriyah Metro Pusat Tahun Pelajaran 2017/2018

Ramadhani, Nur Ari (2018) Penggunaan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Pada Siswa Kelas V MI AL-Khoiriyah Metro Pusat Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu guru masih menggunakan metode ceramah sehingga menyebabkan beberapa dari para siswa mengobrol sendiri dan bermain-main saat jam pelajaran Fiqih kelas V berlangsung di MI Al- Khoiriyah Metro Pusat sehingga nilai yang di peroleh oleh siswa masih jauh dari KKM yang di tetapkan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fiqih pada siswa kelas kelas V di MI Al- Khoiriyah Tahun Pelajaran 2017/2018danTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi haji untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas V MI Al- Khoiriyah Metro Pusat tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan sabjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al- Khoiriyah Metro Pusat pada pembelajaran fiqih yang di fokuskan pada materi ibadah haji semester genap T.P 2017/2018 yang berjumlah siswa yang terdiri dari 4 laki-laki 5 perempuan.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Teknik pengumpulan data mengunakan tes, observasi, dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, analisis data dihitung dengan mengunakan rumus menghitung rata-rata dan rumus menghitung presentase. Analisis kualitatif melihat hasil belajar siswa selama proses pemebelajaran dengan mengunakan lembar observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 44,4 % pada siklus II hasil belajar siswa sebesar 78 % Jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 38%, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan mengunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas V MI Al- Khoiriyah Metro Pusat. Maka media gambar dapat di pergunakan sebagai media alternatif untuk mata pelajaran fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 May 2020 13:26
Last Modified: 07 May 2020 13:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3200

Actions (login required)

View Item View Item