Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Penilaian Sikap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di SMP Negeri 9 Metro

Rohmah, Hidayatur (2018) Implementasi Penilaian Sikap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Karakter Siswa Di SMP Negeri 9 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
PDF TESIS.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap, dan kepribadian peserta didik dalam mengamalkan ajaran agama Islam. Pendidikan Agama Islam dilaksanakan melalui mata pelajaran pada semua jenjang pendidikan, yang pengamalannya dapat dikembangkan dalam berbagai kegiatan baik yang bersifat kokurikuler maupun ekstrakurikuler. Berdasarkan latar belakang masalah maka pertanyaan penelitian yaitu Bagaimana implementasi penilaian sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karaktersiswa di SMP Negeri 9 Metro?Apa saja faktorfaktor pendukung implementasi penilaian sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 9Metro?Apa sajakah faktor-faktor penghambat implementasi penilaian sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 9 Metro?.

Jenis penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Dengan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan dan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian di SMP Negeri 9 Metro, maka dapat di simpulkan: Implementasi nilai nilai karakter dapat dilakukan dengan berbagai strategi pengintegrasian dalam program-program sekolah melalui kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Sekolah yang menjalankan program pendidikan karakter bangsa ditandai dengan sejumlah indikator sekolah dan kelas. Pelaksanaan program pendidikan karakter bangsa ini dinilai secara terus menerus dan berkesinambungan. Proses pengembangan nilai -nilai pendidikan karakter bangsa dilakukan melalui integrasi setiap mata pelajaran. Materi pelajaran biasa digunakan sebagai bahan atau media untuk mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa.

Faktor pendukung implementasi penilaian sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 9 Metro yaitu: Keluarga, Lingkungan, Fasilitas Sekolah dan Masyarakat. Faktor penghambat implementasi penilaian sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 9 Metro yaitu: Keluarga yang tidak mendukung penerapan karakter dengan melakukan pembiaran terhadap siswa di rumah. Media Informasi yang bisa merubah karakter siswa menjadi tidak terarah dan Masyarakat yang tidak mau membantu pembetukan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 26 May 2020 04:22
Last Modified: 26 May 2020 04:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3207

Actions (login required)

View Item View Item