Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pelayanan Prima Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

Putri, Inggrid Renvhilia (2019) Strategi Pelayanan Prima Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI INGGRID RENVHILIA PUTRI NPM. 141265010.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era yang modern ini setiap perusahaan yang bergerak dibidang jasa dalam keunggulan bersaing sering diupayakan dalam bentuk pelayanan yang unggul, terutama pada bagian frontliner. Untuk melakukan tugasnya dengan baik, bagian Frontliner perlu dibekali kemampuan dan keterampilan dalam melayani nasabah yaitu tentang dasar-dasar pelayanan yang baik supaya nasabah yang dilayani semakin merasa puas, karena frontliner lah yang akan akan menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan yang baik kepada nasabah sehingga nasabah tersebut merasa puas dan terdorong untuk menjadi nasabah yang loyal. Tentunya hal itu memerlukan strategi yang baik dan pelayanannya sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis islam bagi bank syariah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelayanan prima di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro dalam perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Manajer Operasional, Customer Service, dan Teller. Sedangkan dokumentasi dilakukan dengan mendokumentasikan dokumen dan literatur yang terkait dengan penelitian. Semua data-data yang diperoleh dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi pelayanan prima yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro yaitutangibles, reliability, responsiveness, emphaty, dan assurance. Bank Syariah Mandiri juga telah memiliki dan menerapkan Standar Operasional Prosedur(SOP) yang telah ditetapkan. Terdapat beberapa hal untuk meningkatkan kualitas frontliner Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro yaitu Choaching, Sharing Seassion, dan Training. Ditinjau dari aspek etika bisnis islam, perlu ditingkatkan kembali pemahaman dan latihan bagi para pegawai Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro khususnya bagian frontliner terkait dengan prinsipprinsip pelayanan yang terdapat di dalam etika bisnis islam. Terdapat empat prinsip yang perlu dipedomani yaitu prinsip kesatuan, prinsip keadilan, prinsip kehendak bebas, dan prinsip tanggung jawab. Penerapan prinsip-prinsip ini merupakan suatu keniscayaan bagi setiap Bank Syariah termasuk Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 14 May 2020 06:04
Last Modified: 14 May 2020 06:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3225

Actions (login required)

View Item View Item