Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SD Negeri Se- Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran

Maryani, Endang (2017) Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SD Negeri Se- Kecamatan Tegineneng Kabupaten Pesawaran. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS ENDANG MARYANI 2019.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan yang bertugas dan bertanggungjawab mengembangkan mutu pembelajaran pada pendidikan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa. Namun dalam implementasinya kepala sekolah sering gagal dalam memerankan fungsinya tersebut. Untuk itu penulis berusaha mengkaji fenomena yang terjadi pada sekolah-sekolah dasar negeri yang ada di kecamatan Tegineneng Pesawaran bahwa kepala - kepala sekolah belum maksimal dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat permasalahan yaitu kurangnya peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI, dan beberapa hambatan dalam upaya peningkan mutu pembelajaran PAI tersebut.

Untuk itu penulis memfokuskan penelitian pada:
1. Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI 2. Upaya-upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI 3. Hambatan-hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI.

Tujuan penulisan tesis ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI, mengetahui upayaupaya apa saja yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI dan mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI.

Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif. Untuk pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan beberapa metode yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. , Untuk mencapai keabsahan atau kredibilitas data dilakukan dengan cara triangulasi. Setelah data terkumpul dan diolah secara kualitatif, maka data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian, dan pengambilan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 13 May 2020 06:28
Last Modified: 13 May 2020 06:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3228

Actions (login required)

View Item View Item