Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Dana Talangan Haji dalam Meningkatkan Calon Jamaah Haji di BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung

Fahryzal, Abie Reza (2020) Strategi Pemasaran Produk Dana Talangan Haji dalam Meningkatkan Calon Jamaah Haji di BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ABIE REZA FAHRYZAL 1602100080.pdf - Other

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan produk dana talangan haji yang kerap kali menuai masalah, karena dengan adanya produk tersebut cenderung masyarakat memaksakan diri untuk berhaji. Padahal secara finansialbelum memiliki kemampuan. Selain itu, masyarakat yang menggunakan produk dana talangan haji tanpa disadari membuat antrean haji overload, sehingga mereka yang mampu secara finansialterkondisikan mendapatkan antrean yang lebih lama, maka Menteri Agama RI melalui Peraturan Menteri Agama RI melakukan moratoriumproduk dana talangan haji. Meskipun dana talangan haji telah dimoratorium oleh Menteri Agama RI,namun respon masyarakat sangat antusias terhadap produk tersebut, karena dianggap mampu memfasilitasi beribadah haji.
BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung merespon geliat masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah haji, maka diperlukan strategi pemasaran yang efektif dan efesien. Dengan demikian, tujuan penelitian ini mencoba mengungkapkan bagaimana strategi pemasaran produk dana talangan haji ditahun 2018-2019 di BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung, setelah Menteri Agama RI melakukan moratorium dana talangan haji sampai tahun 2020 sesuai dengan keputusan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 24 Tahun 2016, tentang perubahan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 30 Tahun 2013 tentang BPS BPIH.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif kualitattif dan berfikir induktif, sehingga hasil penelitian ini menyajikan bentuk strategi pemasaran yang dilakukan oleh BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung terhadap produk dana talangan haji, yakni berfokus pada promosi, people, dan processyang dikemas dalam bentuk periklanan (advertising), TRABAS (Tebar Brosur) ke Instansi Pemerintah dan Swasta, serta eventPengajian Akbar atau Rutinan yang dilakukan secara personal dan kolektif. Dengan demikan, nasabah calon jamaah haji diharapkan dapat pro aktif dan interaktif dalam merespon produk dana talangan haji di BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 14 May 2020 06:04
Last Modified: 14 May 2020 06:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3235

Actions (login required)

View Item View Item