Akbar, Jalalludin Muhamad (2020) Pengaruh Pelayanan, Obyek dan Daya Tarik Wisata Serta Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan (Study Kasus Pengunjung Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) Di Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
skripsi.pdf - Other Download (9MB) | Preview |
Abstract
Keadaan alam Indonesia yang merupakan negara kepulauan sehingga begitu banyak potensi pariwisata yang dapat dikembangkan di setiap daerah. Selain menyimpan berjuta pesona wisata alam, Indonesia juga kaya akan wisata budayanya yang terbukti dengan begitu banyaknya peninggalan-peninggalan sejarah serta keanekaragaman seni dan adat budaya masyarakat lokal maupun wisatawan mancanegara, sehingga dengan banyaknya potensi yang dimiliki menjadikan Indonesia sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Untuk tetap menjaga kuantitas wisatawan, perlu diadakannya pengukuran kepuasan wisatawan yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Untuk itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana pengaruh pelayanan, obyek dan daya tarik wisata serta fasilitas terhadap kepuasan wisatawan Pasar Yosomulyo Pelangi di Kota Metro.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan, obyek dan daya tarik wisata serta fasilitas terhadap kepuasanwisatawan Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) di Kota Metro. Untuk mengetahui faktor mana yang paling dominan mempengaruhi kepuasan wisatawan Pasar Yosomulyo Pelangi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Penelitian yang penaliti lakukan bersifat korelasi kuantitatif. Populasi yang dijadikan peneliti sebagai subyek penelitian adalah semua wisatawan Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) yang berjumlah 2005 wisatawan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Probabiliti Sampling dengan rumus Solvin. Jumlah sampel yang digunakan adalah 95 wisastawan. Dengan analisis regresi linear berganda menggunalan SPSS versi 16 yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabelobyek dan daya tarik wisata tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Sedangkan variabel pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kemudian melalui uji F bahwa variabel pelayanan, obyekdan daya tarik wisata serta fasilitas berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan wisatawan. Dengan R Square sebesar 0,579 menunjukkan bahwa sebesar 57,9% variabel kepuasan wisatawan bisa dijelaskan oleh ketiga variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 42,1% dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 04:19 |
Last Modified: | 15 Jun 2020 04:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3246 |
Actions (login required)
View Item |