Helnayanti, . (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MI Braja Indah Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
HELNAYANTI 0956715 (IAIN Metro).pdf - Other Download (463kB) | Preview |
Abstract
Tidak tercapainya KKM merupakan wujud dari rendahnya hasil belajar siswa ketika proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar IPS siswa ini diketahui dari banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebanyak 66% siswa. Dalam hal ini guru sudah menggunakan berbagai model pembelajaran seperti ceramah dan pemberian tugas, akan tetapi sebagian besar siswa cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Hanya sebagian kecil siswa yang aktif dan semangat dalam belajar. Banyak siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah yang diberikan guru, bahkan mengalami kesulitan apabila diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi. Sering kali diberikan kesempatan bertanya siswa hanya terdiam sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan guru.
Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan upaya peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Braja Indah Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 29 siswa pada Standar Kompetensi memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi dengan menerapkan model pembelajaran Koperatif tipe Jigsaw.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Model pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan Model dokumentasi.
Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran Koperatif tipe Jigsaw tampak rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus pertama yaitu 74,57 setelah diadakan refleksi pada siklus I maka rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus ke dua menjadi 85,58 dan mengalami peningkatan. Sedangkan terhadap hasil belajar siswa pada siklus pertama didapati nilai rata-rata siswa yaitu 63,55 dengan rincian 19 siswa tuntas dan 10 siswa belum tuntas, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa rat-rata mendapatkan nilai 72,53 dengan rincian sebanyak 23 siswa tuntas belajar dan 6 siswa tidak tuntas, dapat diambil kesimpulan penggunaan model pembelajaran Koperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Braja Indah Kecamatan Braja Selebah Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 May 2020 03:36 |
Last Modified: | 28 May 2020 03:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3263 |
Actions (login required)
View Item |