Azhima, Nurul (2013) Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Kota Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
NURUL AZHIMA 0952055 (IAIN Metro).pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pengolahan proses pembelajaran yang efektif merupakan titik awal keberhasilan pembelajaran yang bermuara akan meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan riset yang dilakukan di MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Kota Metro tahun pelajaran 2012/2013 dari data hasil belajar siswa masih rendah terutama pada mata pelajaran matematika. Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika menyebabkan hasil belajar kurang maksimal dalam mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Oleh karena itu guru memiliki peran sentral berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran, sebab guru dalam posisi ini bertindak sebagai pengelola proses pembelajaran yang sedemikian sehingga hasil dari proses pembelajaran tercapai.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Kota Metro tahun pelajaran 2012/2013 ?. Adapun tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Kota Metro. Sedangkan yang menjadi hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Kota Metro tahun pelajaran 2012/2013
Pengumpulan data dalam menggunakan alat peraga ini berupa observasi untuk mengobservasi kegiatan belajar siswa dalam proses pembelajaran, tes hasil belajar untuk memperoleh data hasil belajar siswa dalam penerapan penggunaan alat peraga pada mata pelajaran matematika, dan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang tertulis tentang hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan mencari ujia tes “t” yaitu membandingkan hasil to dan ttabel.
Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: penggunaan alat peraga pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Muhammadiyah Banjarsari Metro Utara Kota Metro dapat diterapkan, yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata prosentase uji tes ”t” yang diambil dari nilai postes siklus I dan potes siklus II yang diperoleh harga to lebih besar dari pada harga ttabel. Dengan rincian harga to sebesar 3,03 sedangkan harga ttabel sebesar 2,09.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 May 2020 03:11 |
Last Modified: | 28 May 2020 03:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3267 |
Actions (login required)
View Item |