Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V Mim Banarjoyo Tahun Pelajaran 2015/2016

Hartono, Pambuko Puji (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas V Mim Banarjoyo Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
PAMBUKO PUJI HARTONO NPM.1175105 IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V MIM Banarjoyo. Untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, siswa aktif dan tercapainya tujuan pembelajaran, peneliti menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative learning type talking stick.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penggunaan model pembelajaran cooperative learning type talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas V MIM Banarjoyo tahun pelajaran 2015/2016?”.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas V MIM Banarjoyo, setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative learning type talking stick T.P. 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIM Banarjoyo Kecamatan Batanghari tahun pelajaran 2015/2016 semester genap yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas belajar siswa, aktivitas siswa dalam penelitian ini yaitu visual activities, mental activities, oral activities dengan indikator keberhasilan mencapai ≥70%, dan lembar tes hasil belajar yaitu berupa tes tertulis (pre-test dan pos-test) dengan indikator nilai ketuntasan mencapai ≥70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 39,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 70,92%, mengalami peningkatan 78,41%. Pada siklus I hasil belajar siswa yaitu 47,83% dan pada siklus II menjadi 73,01%, mengalami peningkatan sebesar 52,64%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning type talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Peristiwa Sekitar Proklamasi kelas V di MIM Banarjoyo Kecamatan Batanghari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 May 2020 03:04
Last Modified: 28 May 2020 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3268

Actions (login required)

View Item View Item