Rahayu, Mita (2014) Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Mekarmulyo Sekampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
Skripsi MITA RAHAYU (IAIN Metro).pdf - Other Download (825kB) | Preview |
Abstract
Pada dasarnya pendidikan merupakan bagian dari upaya pembangunan nasional. Keberhasilan suatu bangsa tidak terlepas dari bagaimana pendidikan itu dilaksanakan. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dalam pendidikan itu dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti metode yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Pada kenyataannya tujuan pembelajaran seringkali tidak tercapai karena kesulitan siswa dalam memahami penjelasan materi dari guru. Hal ini sebagaimana dijumpai pada peserta didik kelas V SDN 1 Mekarmulyo Sekampung. Belum maksimalnya hasil belajar yang diperoleh peserta didik dikarenakan beberapa masalah yang terjadi saat proses pembelajaran terutama yang berhubungan dengan penggunaan metode dalam proses pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Mekarmulyo Tahun Pelajaran 2013/2014. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Mekarmulyo Tahun Pelajaran 2013/2014
Pembelajaran degan menggunakan metode eksperimen ini peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama dua siklus dengan 6 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati kegiatan siswa dan metode dokumentasi.
Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode eksperimen ini dapat meningkatkan hasil belajar. Analisis data menggunakan rumus rata-rata hitung N-Gain. Pada siklus I diperoleh N-Gain skor 0,42 dan pada siklus II diperoleh N-Gain skor 0,54. Hal ini berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 0,12 gain skor sedang. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 78,57% dan siklus II mencapai 85,71% mengalami peningkatan sebesar 7,14 %. Berdasarkan peningkatan hasil belajar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Mekarmulyo Sekampung Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 May 2020 02:56 |
Last Modified: | 28 May 2020 03:00 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3270 |
Actions (login required)
View Item |