Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk QBE (Qard Beragunan Emas) BRI Syari’ah Kantor Cabang Bandar Lampung (Studikasus di BRI Syariah kedaton Bandar Lampung)

Ramadhan, M. Akhyar (2020) Strategi Pemasaran Produk QBE (Qard Beragunan Emas) BRI Syari’ah Kantor Cabang Bandar Lampung (Studikasus di BRI Syariah kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI M. AKHYAR RAMADHAN NPM. 1502100186.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perbankan Syariah adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah. Diperbankan sendiri setiap terjadi proses pendanaan serta pembiayaan akan diikat dengan suatu akad. Seperti akad Qardh, adalah transaksi pinjam meminjam dana tanpa imbalan dengan kewajiban pihak peminjam mengembalikan pokok pinjaman secara sekaligus atau cicilan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan Prinsip Syariah. Salah satu produk yang menggunakan akad Qardh adalah Qardh Beragun Emas di BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung. Namun sejalan dengan perkembangan dunia ekonomi keuangan dan perbankan, pinjaman ini tidak mungkin dapat dilaksanakan tanpa adanya biaya materai, notaris, biaya pegawai bank dan lain-lain sehingga pengenaan biayabiaya administrasi tersebut tak terhindari.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung dalam memasarkan produk pembiayaan QBE. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research),sedangkan sifat penelitiannya yaitu deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dua teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung pada pembiayaan QBE (Qardh Beragunan Emas) yait u dengan menerapkan bauran pemasaran atau Marketing Mixyakni Strategi Produk, Strategi Price, Strategi Promotion, Strategi Place. Strategi pemasaran produk QBE (Qardh Beragunan Emas) BRI Syariah dari tahun ketahun belum berkembang, karena berdasarkan wawancara yang didapat dengan AOM (Accounting Officer Marketing) Strategi Promotion pada BRI Syariah Kantor Cabang Bandar Lampung belummenggunakanViral Marketing, dan hanya menggunakan brosur yakni beriteraksi langsung dengan calon nasabah.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Qardh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 04 Jun 2020 07:44
Last Modified: 04 Jun 2020 07:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item