Kumalasari, Sylvia (2020) Implikasi Penggunaan Media Pembelajaran LCD Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tunarungu Di SMPLB Wiyata Dharma Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SYLVIA KUMALASARI NPM. 1501010302.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan suatu proses dari perubahan ilmu, baik secara langsung atau tidak.. Setiap manusia berhak memperoleh pendidikan untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki kelainan dan kekurangan baik segi fisik, emosional, mental, maupun dari sosial. Salah satu yang disebut sebagai kaumdifable adalah mereka yang mengalami gangguan pendengaran (Tunarungu). Implementasi penggunaan media pembelajaran LCD dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa tunarungu di SMPLB Wiyata Dharma Metro cukup baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi penggunaan media pembelajaran LCD dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa tunarungu di SMPLB Wiyata Dharma Metro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian yaitu tentang Implementasi penggunaan media pembelajaran LCD dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa tunarungu di SMPLB Wiyata Dharma Metro sudah cukup baik. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengimplementasi media LCD untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media LCD siswa tunarungu juga sangat tertarik dan antusias. Guru PAI juga menggunakan bahasa isyarat, gestur, juga menulis untuk menjelaskannya. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru PAI terkadang kesulitan mengajarkan menulis lebih dari satu kalimat dikarenakan faktor daya ingat dan konsentrasi siswa tunarungu yang terbilang kurang kosa kata. Sehingga guru PAI lebih kepersonal jika ingin menjelaskan. Serta jumlah dari LCD nya yang belum terbilang banyak. Jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah kelas. Sehingga memakai LCD secara bergantian. Guru PAI dalam melakukan pembelajaran semaksimal mungkin agar siswa tunarungu semangat serta aktif dalam belajarnya. Di dalam pembelajar tidak semua mata pelajaran dapat menggunakan LCD dikarenakan keterbatasan LCD di sekolah namun dalam pembelajaran menggunakan LCD sangatlah efektif. pengaruh baik di balik keterbatasan anak tunarungu yang tidak dapat mendengar mereka lebih ke visual, melihat secara langsung, dan dengan begitu mereka lebih paham
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 07:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 07:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3288 |
Actions (login required)
View Item |