Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs se Kecamatan Bumi Agung Way Kanan Tahun Pelajaran 2019/2020

Qomarudin, Muslih (2020) Penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs se Kecamatan Bumi Agung Way Kanan Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan: Bagaimana penerapan kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs se-Kecamatan Bumi ‎Agung Way KananTahun Pelajaran 2019/2020‎?‎.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi analisis‎, ‎yaitu ‏analisis kinerja guru bahasa Arab dalam menerapkan kurikulum ‏‎2013.‎‏‏‏Alat ‎pengumpul data menggunakan wawancara‏‏,‏observasi dan dokumentasi‏.‏‏Adapun ‎analisis data mengacu kepada teknik analisis data kualitatif.‏‏

Hasil penelitian yaitu‎: ‎Pembelajaran bahasa Arab di MTs Bumi Agung Way‏‏Kanan mengacu kepada kurikulum‏‏‎2013 ‎yang tercermin dalam tujuan‎, ‎materi‏‏bahasa‎, ‎tingkat keterampilan‎, ‎metode dan evaluasi‎. ‎Dari segi tujuan pembelajaran‏‏bahasa Arab berupaya mewujudkan dua komptensi yaitu‎: ‎kompetensi inti dan dan‏‏kompetensi dasar serta keseimbangan antara aspek sikap‎, ‎pengetahuan dan‏‏keterampilan‎. ‎Selain itu dikuatkan denganmengintegerasikan nilai‎-‎nilai ke‎-‎Islaman‏‏dan budaya Arab‎. ‎Dari segi materi dan tingkat keterampilan‎, ‎maka pembelajaran‏‏bahasa Arab pada kurikulum‏‏‎2013 ‎menekankan pendekatan saintifik dengan‏‏penguatan observasi‎, ‎bertanya‎, ‎eksperimen‎, ‎dan analisis‎, ‎serta memperhatikan‏‏proses bukan hanya hasil saja‎. ‎Proses pembelajaran berlangsung secara terpadu‏‏mencakup aspek kognitif‎, ‎afektif dan psikomotorik‎. Penerapan metode dan media‏‏dalam pembelajaran bahasa Arab tergantung kepada jenis maharah dan materi yang‏‏diajarkan dan ketersediaan media di sekolah dengan mempertimbangkan alokasi‏‏waktu dan kedalaman materi‎. ‎Adapun evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab‏‏berdasarkan kurikulum‏‏‎2013 ‎mencakup pengukuran aspek afektif‎, ‎kognitif dan‏‏psikmotorik menggunakan teknik penilaian diri‎, ‎observasi‎, ‎tes tertulis‎, ‎pemberian‏‏tugas‎, ‎penilaian kinerja‎, ‎penilaian produk dan portofolio

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Jun 2020 03:02
Last Modified: 03 Jun 2020 03:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3307

Actions (login required)

View Item View Item