Kusumaningtyas, Dita Pratiwi (2013) Pelaksanaan Rescheduling Terhadap Nasabah Wanprestasi Pada Pembiayaan Murabahah PT. Bank Mumalat Indonesia KCP Metro. Diploma thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
PT Bank Muamalat Indonesia KCP Metro adalah salah satu bank syariahyang memberikan berbagai macam pilihan untuk akad pembiayaan, salah satunyaadalah pembiayaan murabahah. Pembiayaan murabahah adalah perjanjian jualbeli barang pada harga asal dengan tambahan keuntungan yang telah disepakati.Pembiayaan jenis ini adalah yang paling populer, karena lebih menguntungkanbagi nasabah. Pada PT Bank Muamalat Indonesia KCP Metro sistem pembayaranpembiayaan murabahah adalah dengan cara mengangsur sesuai dengan jumlahdan rentan waktu yang telah disepakati. Namun terkadang dijumpai kondisidimana nasabah tidak dapat membayar angsuran tepat waktu atau yang biasadisebut wanprestasi. Hal ini dapat memicu terjadinya kerugian atau resiko lainyang dihadapi bank.
Dalam mengatasi terjadinya wanprestasi tersebut, PT Bank MuamalatIndonesia KCP Metro mempunyai beberapa alternatif pemecahan masalah, salahsatunya adalah dengan melakukan rescheduling.Rescheduling (penjadwalankembali), yaitu suatu upaya hukum untuk melakukan perubahan terhadapbeberapa syarat perjanjian kredit yang berkenaan dengan jadwal pembayarankembali/jangka waktu kredit termasuk tenggang (grace period), termasukperubahan jumlah angsuran. Bila perlu dengan penambahan kredit. Reschedulingmemberi manfaat kepada kedua belah pihak, nasabah akan terbantu denganadanya kelonggaran waktu dan jumlah angsuran yang diperkecil sehingga dapatmelakukan pembayaran angsuran kembali dan bank akan mendapatkan kembaliangsuran dari pembiayaan yang telah dikeluarkan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Pengumpulan data penelitian ini mengunakan metode wawancara. Analisis datamengunakan teknik analisis data kualitatif dengan cara berfikir induktif. Manfaatdari penelitian ini yaitu untuk memperkaya khazanah keilmuan serta wawasanpraktek perbankan khususnya berkaitan dengan pelaksanaan reschedulingdi PT Bank Muamalat Indonesia KCP Metro.
Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan rescheduling atas nasabahwanprestasi pada pembiayaan murabahah PT Bank Muamalat Indonesia KCPMetro telah berjalan dengan baik karena telah dibentuknya unit remedial yangbertugas khusus menangani masalah wanprestasi. Pelaksanaan rescheduling padaPT Bank Muamalat Idonesia KCP Metro juga telah sesuai dengan Surat EdaranBank Indonesia No. 13/16/DPbS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 04 Jun 2020 07:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2020 07:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3308 |
Actions (login required)
View Item |