Rahayu, Gusti (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Siswa Kelas III SDN 1 Taman Endah Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
GUSTI RAHAYU NPM.1174875.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Meningkatkan hasil belajar siswadalam pembelajaran merupakan salah satutugas guru. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka guru harus mampu memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang dapat memberdayakan dan menggali bakat, minat serta potensi siswa. Latar belakang masalah dari penelitian yang telah dilakukan adalah rendahnya hasil belajar siswa. Terdapat beberapa siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan. Hal ini dikarenakan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika, siswa kurang aktif dalam bertanya maupun menjawab, siswa menganggap bahwa mata pelajaran matematika itu sulit, dan suasana kelas kurang kondusif.
Rumusan masalah dalam penelitian yang telah dilakukanadalah:apakah dengan menggunakan metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri1 Taman Endah Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah: untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode Problem Solving pada siswa kelas III SD Negeri 1 Taman Endah Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian yang telah dilakukanmenggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Metode analasis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa, setelah menggunakan metode Problem Solving hasilbelajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-testyang diberikan kepada siswa selalu mengalami peningkatan setiap siklusnya.Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 71,88 % dan pada siklus II 87,10 %. Mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 5,31%.Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa metode Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 08 Jun 2020 07:47 |
Last Modified: | 08 Jun 2020 07:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3311 |
Actions (login required)
View Item |