Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 03 Mengandungsari

Irawati, Dwi (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 03 Mengandungsari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DWI IRAWATI NPM.1501050071.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuandari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 03 Mengandungsari. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa cenderung kurang aktif. Metode pembelajaran merupakan cara atau langkah yang akan digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 03 Mengandungsari.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 03 Mengandungsari yang berjumlah 28 siswa, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulandata yang dilakukan yaitu dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata nilai 60,43 dengan tingkat ketuntasan46,4% dan siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 69,36 dengan tingkat ketuntasan 82,1% dan telah mencapai ketuntasanbelajar 75% pada akhir siklus. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode ContextualTeaching And Learning(CTL) pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 05 Jun 2020 07:11
Last Modified: 05 Jun 2020 07:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3315

Actions (login required)

View Item View Item