Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Persaingan pemasaran produk antar BMT ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Study kasus BMT di kelurahan Tejo Agung, Metro Timur)

Setiawan, Fantri (2018) Persaingan pemasaran produk antar BMT ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Study kasus BMT di kelurahan Tejo Agung, Metro Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
FANTRI SETIAWAN 1287784.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persainganpemasaran produkmerupakan suatu proses sosial di mana orang-perorangan atau kelompok manusia berusaha mengalahkan pihak lain tanpa menggunakan ancaman atau kekerasandalam melakukan segala upaya untuk memasarkan produk unggulan. Maka tidak menutup kemungkinan persaingan sehat atau tidak sehat itu terjadi, maka setiap BMT yang berada dikelurahan Tejo Agung memiliki cara tersendiri dalam memasarkan produk untuk menarik minat masyarakat. BMT di kelurahan Tejo Agung memiliki cara sendiri dalam memasarkan produk untuk menghadapi persaingan baik dengan lembaga keungan syariah maupun konvensional. Dalam penelitian ini, ada tiga BMT yang akan diteliti yakni BMT Assyafi’iyah, BMT Att-Taawun dan BMT AKU (Adzkiya Khidmatul Ummah).

Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang menguraikan atau memaparkan kejadian secara teliti. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan secara terperinci oleh suatu objek tertentu. Sumber data yang ada dalam penelitian ini adalah sumber data primer, sekunder dan tersier. Sumber data primer diambil dari wawancara dengan marketing dan manajer BMT di kelurahan Tejo Agung, sedangkan sumber data sekunder diambil dari buku-buku yang membahas mengenai pemasaran produk dan buku-buku mengenai etika bisnis islam, dan sumber data tersier diambil dari data-data untuk membantu melengkapi penulisan skripsi yakni brosur, internet yang berkaitan dengan skripsi ini serta jurnal-jurnal ilmiah.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di BMT di kelurahan Tejo Agung, Metro Timur dengan ketatnya persaingan yang terjadi di daerah tersebut, pemasaran yang dilakukan setiap BMT berbeda-beda, baik dalam segi pelayanan atau keunggulan produk.Dalam hal persaingan BMT memiliki strategi tersendiri dalam menarik dan mempertahankan nasabah. Dalam skripsi ini ada tiga BMT yang diteliti yakni BMT Assyafi’iyah, BMT At-Taawun dan BMT Adzkiya Khidmatul Ummah (AKU). Persaingan yang terjadi dapat dilihat dari jumlah nasabah di pasar Tejo Agung, pedagang pasar di Tejo Agung banyak yang menjadi nasabah dari BMT Adzkiya, artinya penguasa pasar di sana adalah BMT AKU (Adzkiya Khidmatul Ummah). Sedangkan yang melanggar prinsip etika bisnis islam dari cara memasarkan produk adalah BMT Assyafi’iyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Jun 2020 01:19
Last Modified: 15 Jun 2020 01:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3349

Actions (login required)

View Item View Item