Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Pertiwi Teladan Metro Pusat

Hikmah, Wulan Kurnia (2020) Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Pertiwi Teladan Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
WULAN KURNIA HIKMAH_1601050034_PGMI.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan perantara yang dapat menyampaikan informasi materi matematika yang bersifat abstrak kepada peserta didik di SD yang masih berada pada tahap berfikir konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas mediapembelajaran terhadap hasilbelajar matematika siswa kelas V SD Pertiwi Teladan Metro Pusat.
Jenis penelitian yang digunakanadalah quasi eksperimen design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelasV SD Pertiwi Teladan Metro Pusatyang berjumlah 83 peserta didik. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling.Sampel yang digunakan berjumlah 32 peserta didik dengan jumlah 17 peserta didik dikelas eksperimen yang menggunakan media gambar dalam pembelajaran, Sedangkan 15 peserta didik di kelas kontrol yang melakukan pembelajaran tanpa menggunakan media gambar.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sampel t test yang dihitung dengan menggunakan bantuan software SPSS 16. Untuk melihat efektivitas media terhadap hasil belajar peneliti menggunakan analisis N-Gain ternormalisasi.
Hasil penelitian menunjukan (1).Hasil analisis uji independent sampel t test pada data postes diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,003 dengan α = 0,05. Sehingga dapat diketahui bahwa sig (2-tailed) 0,003 < α = 0,05 yang artinya rata-rata kelas eksperimen tidak sama dengan rata-rata kelas kontrol. Rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kelas kontrol.. (2) Hasil analisis data obserasi kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 13,83 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 11,25. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar aspek psikomotor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. (3). Hasil perolehan rata-rata N-Gain dalam bentuk persen pada ranah kognitif kelas eksperimen memperoleh rata-rata yaitu 65,32 % dengan kategori cukup efektif dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 45,36 % dengan kategori kurang efektif. Sedangkan pada ranah psikomotor kelas eksperimen memperoleh rata-rata yaitu 81,35% dengan kategori sangat efektif dan kelas kontrol memperoleh rata-rata presentase 75% dengan kategori cukup efektif. Berdasarkan ketiga analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif digunakan pada mata pelajaran matematika kelas VSD Pertiwi Teladan Metro Pusat materi skala dandenah baik pada aspek kognitif maupun psikomotor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 17 Jun 2020 09:02
Last Modified: 17 Jun 2020 09:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item View Item