Agustini, Sri (2015) Implementasi Pendidikan Holistik Integratif pada Anak Usia Dini(Studi diPAUD Aisyiyah Bustanul Athfal, Wahdatul Ummah, dan Al Ishlah Kota Metro). Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TESIS.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan anak usia dini dipandang sangat penting. Usia dini disebut sebagai masa emas perkembangan manusia. Pada masa ini seluruh potensi baik fisik maupun psikis dan kecerdasan sangat peka terhadap rangsangan yang diterima dari lingkungan. Pola pengasuhan, bimbingan dan arahan pada usia tersebut menentukan kualitas anak pada masa dewasanya. Oleh karena itu, pendidikan yang menyeluruh dan saling terkait (holistik integratif)menjadi strategi yang tepat untuk menstimulasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara utuh.
Penelitian ini berlokasi di tiga lembaga pendidikan anak usia dini, yaitu PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA), Wahdatul Ummah, Al Ishlah Kota Metro. Penelitian ini membahas tentang implementasi pendidikan holistik integratif pada anak usia dini. Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi pendidikan holistik integratif pada anak usia dini,faktor-faktor yang menghambat implementasi pendidikan holistik integratif pada anak usia dinidan upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi kendala implementasi pendidikan holistik integratif pada anak usia dini.
Desain penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi teknik. Analisis data digunakan metode Miles dan Huberman dengan langkah pertama melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau pembuktian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan holistik integratif pada anak usia dini (studi di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal, Wahdatul Ummah,Al Ishlah Kota Metro)adalah melalui; a) Layanan holistik, meliputi layanan kesehatan, pendidikan dan pembinaan. b) Strategi pembelajaran yang holistik integratif, meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. c) Menjalin komunikasi dan pembinaan wali murid.
Pendidikan anak usia dini bertujuan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh. Penyelenggara PAUD hendaknya memberikan layanan pendidikan secara holistik integratif, dengan melakukan koordinasi dengan lembaga Posyandu, Bina Keluarga Balita (BKB) orangtua wali murid dan menerapkan metode pembelajaran yang terintegrasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 07:50 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 07:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3359 |
Actions (login required)
View Item |