Widiyantari, Ella (2020) Penggunaan Model Tipe Student Teams Achievment Division (STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SDN 6 Metro Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI ELLA WIDIYANTARI NPM. 1601050051.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar sisswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Berdasarkan observasi diperoleh bahwa pembelajaran kurang menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik, guru hanya menggunakan metode seperti ceramah sehingga siswa merasa jenuh dalam pembelajaran. Kreatifitas guru kurang menarik perhatian siswa, karena pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD Negeri 6 Metro Barat.
Hasil belajar adalah terjadinya perubahan hasil masukan pribadi berupa motivasidan harapan untuk berhasil dan masukan dari lingkungan beruapa rancangan dan pengelolaan motivasional tidak berpengaruh langsung terhadap besarnya usaha yang dicurahkan oleh siswa untuk mencapai tujuan belajar.
Penelitian ini merupakan Penelitian TindakanKelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Dan objeknya adalah pembelajaran Matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar serta penggunaan metode berhasil mencapai target yang diinginkan. Presentase pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 32% dan 76% pada siklus II. Jadi, terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 44%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 19 Jun 2020 09:20 |
Last Modified: | 19 Jun 2020 09:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3368 |
Actions (login required)
View Item |