Rusdianto, Arif (2020) Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Komparatif Konsumen Indomaret dan Alfamart Batanghari). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
arif.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bisnis ritel modern atau pasar modern selain memberikan alternatif belanja menarik juga menawarkan kenyamanan dan kualitas produk, harga bersaing bahkan terkadang lebih murah dibandingkan pasar tradisional/pedagang eceran. Kegiatan dunia usaha seperti minimarket menjadi suatu fenomena dan perhatian yang menarik. Minimarket yang ada dibuat sedemikian rupa agar dapat menarik minat para konsumen untuk membeli disana. Minimarket yang ada harus mampu menciptakan keunggulan dalam produk dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat menarik minat konsumen dan merasa puas karena kebutuhannya dapat terpenuhi dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah faktor harga dan pelayanan mempengaruhi kepuasan konsumen dalam berbelanja pada minimarket Indomaret dan Alfamart Batanghari.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan (field research),bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga yang ada di Indomaret dan Alfamart itu cenderung tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sementara, pelayanan sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Karena menurut konsumen keduanya, kualitas pelayanan yang ada di Indomaret itu jauh lebih baik dibandingkan dengan Alfamart.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 08:16 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 08:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3377 |
Actions (login required)
View Item |