Sari, Putri Ratna (2020) Implementasi Pembelajaran Inklusi di SD Negeri 5 Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI PUTRI RATNA SARI.pdf - Other Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan inklusi merupakan pendidikan yang megajarkan anak normal dan anak berkebutuhan khusus (ABK) secara bersamaan. Sekolah menerima berbagai macam anak dari yang normal hingga anak berkebutuhan khusus (ABK) yang ditempatkan pada satu kelas yaitu kelas inklusi. Dalam pengadaan kelas inklusi terdapat berbagai macam kendala yang menuntut pendidik untuk lebih ekstra dalam melaksanakan proses belajar-megajar. Pembelajaran pendidikan inklusi di SD Negeri 5 Metro Timur memiliki proses pendidikan dengan perencanaan yang mengacu pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sedangkan unsur dalam proses pembelajaran yaitu guru dalam mengajar, metode pembelajaran inklusi, media pembelajaran, dan bahasa guru. Pengevaluasian yang digunakan menggunakan acuan empat kompetensi inti, yaitu: spiritual, afektif, kognitif dan psikomotor.
Pertanyaan pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi Pembelajaran Inklusi di SDN 5 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Inklusi di SDN 5 Metro Timur tahun ajaran 2019-2020. Untuk menjawab pertanyaan ini maka penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, triangulasi dan menarik kesimpulan.
Implementasi pembelajaran inklusi di SD Negeri 5 Metro Timur yakni dalam persiapan pembelajaran guru menggunakan KD bagi ABK dalam kelas 3b menggunakan KD kelas 2 sedangkan untuk siswa regular menggunakan KD sesuai dengan yang sudah ditetapkan untuk kelas 3. Dalam proses pembelajaran menerapkan kelas pull out selama siswa ABK masih bisa mengikuti pembelajaran. Tahapan proses pembelajaran sesuai RPP, metode pembelajaran menggunakan cooperative learning dengan pendekatan yang sedikit berbeda antara ABK jenis Tuna Grahita dan Autisme tetapi keduanya tidak begitu mencolok sehingga siswa regular tidak terabaikan didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa dan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai EYD. Evaluasi yang dilakukan oleh guru disesuaikan dengan kurikulum13. Pencapaian pendidikan Inklusi di SD Negeri 5 Metro Timur belum memenuhi indikator keberhasilan pendidikan inklusi sepenuhnya sebab belum tersedianya guru pembimbing khusus yang dapat memberikan program pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus. Tetapi beberapa guru kelas telah mengikuti pelatihan pendidikan inklusi sebagai penunjang dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 08:16 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 08:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3379 |
Actions (login required)
View Item |