Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran di TPA Darul Ulum Tahun Pelajaran 2019/2020

Fatimah, Tri Nur (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran di TPA Darul Ulum Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Tri Nur Fatimah.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca Al-Quran merupakan kesanggupan anak untuk dapat melisankan atau melafalkan apa yang tertulis didalam kitab suci Al-Quran dengan benar sesuai dengan makrajnya. Kemampuan membaca Al-Quran harus diajarkan sejak dini, yakni pada saat anak masih usia sekolah rendah atau bahkan masa Taman Kanak –kanak, karena lidah anak di bawah umur masih lunak dan relatif lebih mudah membimbing mereka dalam mengucapkan makhraj yang pas dan benar. Salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran menggunakan metode sorogan. Metode sorogan adalah metode individual dimana murid mendatangi guru untuk mengkaji kitab dan guru membimbingnya secara tatap muka atau face to face(berhadapan langsung).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al-Quran di TPA Darul Ulum. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah semua santri kelas bawah (kecil), dari usia 8-13 tahunyang berjumlah 50 santri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaAda Pengaruh Penggunaan Metode Sorogan terhadap Kemampuan Membaca Al-Quran TPA Darul Ulum Tahun Pelajaran2019/2020. Berdasarkan perhitungan uji t sebesar 7,272, sedangkan pada ttabeladalah 2,010pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa dari hasil penelitian ini diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000< 0,05, maka H0ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0,524 ini berasal dari pengkuadratan nilai koefisien korelasi atau "R", yaitu 0,724x 0,724= 0,438. Besarnya angka koefisien determinasi (R Square) adalah 0,524 atau sama dengan 52,4%. Angka tersebut mengandung arti bahwa variabel metode sorogan(X) berpengaruh terhadap variabel kemampuan membaca Al-Quran(Y) sebesar 52,4%. Sedangkan sisanya (100% -52,4% = 43,6%)dipengaruhi oleh variabel lain di luar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 24 Jun 2020 08:59
Last Modified: 24 Jun 2020 08:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3401

Actions (login required)

View Item View Item