Putri, Ade Kurnia (2020) Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV dengan Metode Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) di SDIT Adz-Dzikro Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI ADE KURNIA PUTRI Pdf.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran akidah akhlak membutuhkan sebuah proses yang disadari yang cenderung bersifat permanen dan mengubah prilaku. Pada proses terjadi organisasi kognitif.selanjutnya, keterampilan tersebut diwujudkan secara praktis dan pada keaktifan. akhlak merupakan aspek sikap hidup. peneliti mengamati guru yang sedang mengajarkan pembelajaran didalam kelas, dalam mengajar guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, model pembelajaran saat ini yang peneliti lihat, guru hanya menjelaskan secara monoton saja atau ceramah. dan kurang melibatkan siswa hal ini berdampak pada aktivitas siswa serta kurangnya kemandirian siswa dalam belajar. Dan yang telah dijelaskan diatas guru kurang menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, danmodel yang guru gunakan hanya menjelaskan saja atau monoton sehingga siswa tidak mampu merespon dengan baik pada materi yang telah diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDIT Adz-Dzikro.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Adz-Dzikro yang berjumlah 28, 10 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Motode NHT dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I kesiklus II yaitu nilai hasil belajar pada tes akhir siklus satu adalah 46,4% , sedangkan ada tes akhir siklus dua adalah 82,1%.Dan terjadi peningkatan sebeasar 35,7% dari siklus I ke siklus II.Dari data tersebut dilihat bahwa penerapan metode Cooperative Learning tipe Numberd Heads Together(NHT) dapat meningkatkan hasil belajar akidah akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 24 Jun 2020 08:59 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 08:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3403 |
Actions (login required)
View Item |