Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi marketing dalam meningkatkan pembiayaan usaha Mikro(Studi kasus di Bank BRI Syariah KCP Metro)

Ningsih, Wanti (2020) Strategi marketing dalam meningkatkan pembiayaan usaha Mikro(Studi kasus di Bank BRI Syariah KCP Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi wanti fix.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Semakin banyaknya pertumbuhan bank konvensional dan bank Syariah menjadikan tingkat persaingan semakin ketat dalam pencarian nasabah. Dengan adanya persaingan yang terjadi, bank-bank harusmenyusun strategi-strategi yang efektif agar bank-bank tersebut dapat diminati oleh masyarakat dan dipercayai untuk menghimpun dan menyalurkan dana yang mereka miliki. Strategi yang penting adalah strategi pemasaranya, karena strategi pemasaran merupakan salah satu cara untuk dapat mengenalkan produk-produk yang dimiliki Bank Syariah agar produk tersebut dapat dikenal masyarakat luas.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Strategi Marketing Dalam Meningkatkan Pembiayaan Usaha Mikro (Studi KasusDi Bank BRI Syariah KCP Metro) dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.Wawancaradilakukan langsung dengan bagian, UH (UnitHead), AccountOfficer Mikro(AOM) BRI Syariah KCP Metro. Dari data-data tersebut penelitian di analisa secara kualitatif dengan berfikir induktif.

Hasil penelitian ini yaitubahwa BRI Syariah KCP Metro telah melaksanakan Strategi marketing dalam meningkatkan pembiayaan usaha mikrodengan menggunakan bauran pemasaran yang meliputi place, product, price, promotion, People, Process, Physical evidence. Namun bauran pemasaran padapromotion terdapat promosi yang dianggap kurang efektif seperti promosi lewat komunitas, dan pengiklanan dengan memalui media elektronik seperti facebook, Twitter, website dan instagram. Kemudian pada promosi penjualan, meskipun BRI Syariah KCP Metro telah melakukan promosi penjualan dengan memberikan diskon margin, namun hal tersebut belum mampu meningkatkan pembiayaan usaha mikro.karena dari sekian promosi yang dilakukan BRI Syariah KCP Metro dalam meningkatkan pembiayaan usaha mikro hanya beberapa promosi yang di anggap efektif,seperti sistem jemput bola, canvasing ataudoor to doordanopen table.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Jun 2020 08:53
Last Modified: 24 Jun 2020 08:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3408

Actions (login required)

View Item View Item