Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kerjasama guru fiqih dan bimbingan konseling dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjama’ah pada siswa di Mts Darussalam Seputih Banyak Lampung Tengah

Effendi, Ahmad (2018) Kerjasama guru fiqih dan bimbingan konseling dalam menumbuhkan kesadaran shalat berjama’ah pada siswa di Mts Darussalam Seputih Banyak Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
AHMAD EFFENDI (1397601).pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ibadah shalat merupakan pendidikan dan bimbingan yang di berikan oleh guru fiqih kepada peserta didik agar siswa paham akan ibadah tersebut dan pelaksanaanya dalam kehidupan sehari-hari bahwa sebagai makhluk yang sudah mampu berfikir secara baik dan manusia baliq awal maka hendaknya telah tertanam kesadaran diri mengenai kewajibannya kepada Allah SWT yaitu menyembahnya (shalat). Masalah shalat sangat ditekankan sekali bagi siswa di MTs Darussalam Seputih Banyak, di samping shalat Dhuha secara berjamaah juga dilaksanakan shalat Dhuhur secara berjamaah secara rutin. Akan tetapi, berdasarkan wawancara dengan guru Fiqih di MTs Darussalam Seputih Banyak, diketahui masih banyak siswa yang tidak menjalankan shalat wajib dengan baik dan masih ada siswa yang kurang sadar akan pentingnya shalat berjamaah, Pertanyaan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kerjasama Guru fiqih dan Bimbingan Konseling dalam Menumbuhkan Kesadaran Shalat Berjamaah pada Siswa MTs Darussalam Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah ?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bentuk Kerjasama Guru fiqih dan Bimbingan Konseling dalam Menumbuhkan Kesadaran Shalat Berjamaah pada Siswa MTs Darussalam Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah.

Jenis penelitian ini field research. Sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing/verification).

Hasil analisis data diketahui bahwa hubungan kerjasama antara Guru Bimbingan dan Konseling dengan Guru fiqih di MTs Darussalam Seputih Banyak terjalin dengan menyadari dan memahami fungsi dan perannya masing-masing yaitu berperan sebagai pencegah agar tidak terjerumus kepada penyimpangan tingkah laku atau kelainan jiwa, berperan memelihara anak sebagai pribadi yang sudah mencapai perkembangan, berperan membantu pembentukan penyesuaian diri, berperan memperbaiki dan menyembuhkan bila terjadi penyimpangan moral. Bentuk-bentuk usaha internalisasi nilai-nilai Islam yang dilakukan yakni usaha preventif, preservatif, dan kuratif. Usaha preventif sendiri dapat bersifat formal dan informal. Faktor pendukung dan penghambat dalam kerjasama antara guru Bimbingan dan Konseling dengan guru fiqih dalam upaya internalisasi nilai-nilai Islam adalah: Faktor pendukung: koordinasi yang baik oleh Kepala Madrasah, adanya kesadaran baik dari para guru ataupun siswa di MTs Darussalam Seputih Banyak untuk mendukung dan mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan, serta adanya sarana dan prasarana yang cukup memadai yang menunjang terlaksananya setiap kegiatan. Faktor Penghambat: minimnya kerjasama yang dilakukan pihak madrasah dengan masyarakat sekitar madrasah, terbatasnya waktu dan koordinasi, kurangnya kesadaran sebagian siswa dan kurangnya media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:09
Last Modified: 03 Jul 2020 08:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3411

Actions (login required)

View Item View Item