Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pemasaran Tabungan iB Hijrah Haji untuk Menarik Minat Masyarakat pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu ZA Pagar Alam Bandar Lampung

Safrudin, Erwin (2020) Pemasaran Tabungan iB Hijrah Haji untuk Menarik Minat Masyarakat pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu ZA Pagar Alam Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ERWIN SAFRUDIN 1602100117.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini Adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Tabungan iB Hijrah Haji yang dilakukan Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu ZA Pagar Alam Bandar Lampung, dan untuk mengetahui Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman strategi pemasaran tersebut.Penelitian initermasukdalam jenispenelitian lapangan (field research)dengan sifat deskriptif kualitatif, Lokasi Penelitian Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu ZA Pagar Alam Bandar Lampung. Waktu penelitan dari 15 Januari sampai 10 Maret tahun 2020. Sumber data penelitian ini diperoleh dari, Sumber data primerdiperoleh dari Bapak Januar Fadlillah selaku BranchManajer, Bapak Bayu selaku Marketing Fundingdan 10 Masyarakat umumsebagai Sempel untuk mengetahui apakah Masyarakat umum sudah tahu tentang Tabungan iB Hijrah Haji dan untuk mengetahui Minat masyarakat. Sumber Data Sekunderdiperoleh dari beberapa referensi penunjang yang terkait strategi pemasaran produk perbankan baik dari Buku-buku, jurnal, dokumen, dan website. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Metode Analisis ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan cara induktif. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank Muamalat Indonesia Kantor CabangPembantu ZA Pagar Alam Bandar Lampung yaitu menggunakan bauran pemasaran yang terdiri atas 6P yaitu: Produk (Product),Harga (Price),Tempat (Place),Promosi (Promotion),Orang (People),dan Proses (Proces).Analisis Strategi Pemasaran Tabungan iB Hijrah Haji (studi dengan pendekatan analisis SWOT), bahwa Kekuatan Strategi Pemasaranya adalahStrategi Hargadan Strategi Tempat. Kekuranganya yaitu Strategi Promosi, Strategi Orang,Strategi Produkdan Strategi Proses. Peluangnya adalah populasi penduduk beragama islam, lamanya daftar tunggu (waiting list), dan Bank Muamalat sebagai Bank syariah pertama penyalur haji. Dan Ancamanya yaitu banyaknya Bank syariah, semakin gencarnya promosi dari Bank lainya, dan ditutupnya program talangan haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:14
Last Modified: 01 Jul 2020 02:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item