Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Dampak viral marketing dalam mengembangkan ekonomi kreatif kuliner melalui media sosial instagram(Studi promosi kuliner pada akun instagram@Thevintage_Metro di Kota Metro)

Alvia, Risa (2020) Dampak viral marketing dalam mengembangkan ekonomi kreatif kuliner melalui media sosial instagram(Studi promosi kuliner pada akun instagram@Thevintage_Metro di Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Risa Alvia skripsi.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Viral marketing sebenarnya berawal dari kejadian hidup sehari-hari yang sering kita lakukan. Kita selalu menceritakan apa yang kita alami baik hal positif maupun hal negatif, secara tidak langsung kita melakukan promosi terhadapnya dikarenakan kita menarik lebih banyak lagi pengunjung yang datang untuk menikmati apa yang kita rasakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana dampakviral marketingdalam mengembangkan ekonomi kreatif kuliner melalui media sosial instagramstudi promosi kuliner pada akun instagram@thevintage_metro di Kota Metro. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pengelola, karyawan dan pengunjung Cafe The Vintage Metro, sedangkan dokumentasi diperoleh dariCafe The Vintage Metro. Semua data-data tersebut dianalisa secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan viral marketinguntuk menyebarkan pemasaran sosial cukup efektif untuk menjangkau masyarakat karena dalam penerapannya proses penyebaran informasi yang menggunakan media sosial sangatlah cepat dan tidak mengenal waktu dan jarak dan dapat menghemat biaya yang dikeluarkan. Penggunaan viral marketingkhususnya media sosial memberikan kesempatan kepada masyarakat dan menawarkan ruang bagi khalayak untuk tidak hanya berhenti menjadi penonton pasif saja namun dapat mengambil posisi yang lebih aktif dengan cara bergabung dengan organisasi non profit/niarlaba untuk menyalurkan rasa kepeduliann mereka.

Kata Kunci: Viral Marketing, Ekonomi Kreatif, Media Sosial, dan Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:57
Last Modified: 01 Jul 2020 02:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item