Fitriana, Desi (2020) Strategi pemasaran produk tabungan Mabrur melalui program Abatana di Bank Syariah Mandiri KC Bandar Jaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI DESI FITRIANA 1602100099.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bank Syariah adalah sebagai tempat mengumpulkan dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat,selain itu bank juga memberikan jasa-jasa keuangan dan pembayaran pembiayaan lainnya kepada masyarakat.Semakin banyaknya lembaga perbankan di Indonesia akan menyebabkan persaingan yang semakin ketat antar bank. Hal ini lah yang menuntut bank untuk melakukan inovasi-inovasi pada produk-produknya dan memilih strategi pemasaran yang tepatguna menarik minat nasabah.
Salah satu inovasi produk pada Bank Syariah Mandiri KCBandar Jayaadalah Produk Tabungan Mabrur melalui Program ABATANA. Tabungan Mabrur melalui Program ABATANA ini menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Tabungan Mabrur melalui Program ABATANAmerupakan suatu bentuk tabunganyang menggunakan sistem autodebet dari Tabungan BSM ke Tabungan Mabrur secara rutin setiap bulandengan pembebasan biaya Standing Instruction (SI).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan analisis data secara deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif, karena data yang didapat berupa uraian-uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari kegiatan wawancara. Analisis data tersebut menggunakan cara berfikir induktif yaitu berangkat dari informasi tentang Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Melalui Program ABATANAdi Bank Syariah Mandiri KCBandar Jaya, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum tentang upaya peningkatan minat nasabah Bank Syariah Mandiri KC Bandar Jaya pada Produk Tabungan Mabrur menggunakan program ABATANA melalui strategi pemasaran.
Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank Syariah Mandiri KC Bandar Jaya terhadap Produk Tabungan Mabrur menggunakan programa ABTANA, yaitu diimplementasikan menggunakan analisa marketing mixatau bauran pemasaran 6P : product(produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang),dan process (proses). Produk Tabungan Mabrur menggunakan program ABATANA ini dipasarkan melalui semua pegawai bank.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Tari Eka Miyanti |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 02:37 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 02:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3432 |
Actions (login required)
View Item |