Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kekuatan Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Di BPRS Rajasa Lampung Tengah

Pertiwi, Diah Anggraeni Arus (2020) Kekuatan Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Bisnis Di BPRS Rajasa Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DIAH ANGGRAENI ARUS PERTIWI .pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan perekonomian yang semakin kompleks saat ini tentunya tidak terlepas dengan peran serta perbankan, salah satunya adalah perbankan syariah. Persaingan antar bank pada saat ini semakin ketat dengan ditandai berdirinya bank-bank syariah dengan sistem pemasaran produk yang beragam. Bagi dunia perbankan yang merupakan badan usaha yang berorientasi profit, kegiatan pemasaran sudah merupakan suatu kebutuhan utama. Pemasaran tidak akan pernah terlepas dari unsur persaingan. Biasanya, tidak ada satu bisnis pun, yang dengan leluasa berleha-leha menikmati penjualan dan keuntungan.Salah satu bank syariah yang saat ini berkembang pesat yaitu BPRS Rajasa Lampung Tengah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan strategi pemasaran dalam persaingan bisnis di BPRS Rajasa Lampung Tengah.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kekuatan strategi produk di BPRS Rajasa Lampung Tengah terletak pada kesadaran pihak BPRS Rajasa Lampung Tengah dalam memprioritaskan produk-produk yang menjadi unggulan dengan melihat dari segi historis/pengalaman.Kekuatan strategi priceterletak pada penentuan harga jual dan margindengan berprinsip tidakmelanggar nilai-nilai keadilan dan tidak eksploitatif. Seandainya produk yang dijual tidak laku, maka akan diturunkan marginnya. Rata-rata besaran margin 18% per tahun. Sedangkan rata-rata besaran margin per bulan yaitu 1,5% -2%. Kekuatan strategi place(tempat) di BPRS Rajasa Lampung Tengah terletak pada daerahnya yang strategis, ramai, dan aman. BPRS Rajasa juga memiliki gedung yang simpel tapi bisa memanjakan para nasabah. Kekuatan strategi promosi di BPRS Rajasa Lampung Tengah terletak pada sosialisasi door to doordan mulut ke mulut. Sosialisasi dilakukan ke daerah-daerah yang lumayan jauh. Untuk tabungan difokuskan ke sekolah-sekolah. BPRS Rajasa Lampung Tengah juga ada program edukasi nasabah setahun dua kali dilakukan. Selain itu juga biasanya dilakukan pemasangan banneryang diletakkan di tempat-tempat strategis di sekitar Kabupaten Lampung Tengah. Persaingan dan pemasaran sama-sama penting. Namun, dalam hal ini BPRS Rajasa lebih mengutamakan pemasaran karena dapat digunakan sebagai pendorong dalampersaingan dengan lembaga keuangan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:14
Last Modified: 01 Jul 2020 02:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item