Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Metode Pembiasaan Hafalan Surat-Surat Pendek Dalam Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP N 3 Metro

Sari, Heni Afriza (2017) Peran Metode Pembiasaan Hafalan Surat-Surat Pendek Dalam Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP N 3 Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan formal merupakan proses penyaluran informasi dan proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik. Sehubungan dengan salah satu cita-cita bangsa indonesia yang tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945 yaitu Pendidikan Nasional yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta akhlak mulia dalam rangka Mencerdaskan Kehidupan Bangsa yang diatur dengan undang-undang. Tugas guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didik, tetapi harus menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan belajar (facilitate of learning) kepada seluruh peserta didik. Untuk mampu melakukan proses pembelajaran, guru harus mampu menyiapkan proses pembelajaran.

Penelitian ini merumuskan masalah yaitu bagaimana peranan metode pembiasaan hafalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Metro?, Faktor-faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat peranan metode pembiasaan hafalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Metro? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan metode pembiasaan hafalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Metro dan juga faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa Peranan metode pembiasaan hafalan surat-surat pendek dalam Al-qur’an dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SMP N 3 Metro, melalui kegiatan pendidikan ataupun pembelajaran serta ekstrakurikulernya. Pembiasaan meliputi hafalan surat-surat pendek dalam Al-qur’an. Proses pembiasaan hafalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an dilakukan setiap hari jam 07.00-07.20 WIB sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai dan dipandu wali kelas masing-masing dan juga guru. Hafalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an menggunakan metode tiru ingat yang sesuai dengan metode menghafal jamak. Peserta didik mendengarkan ayat-ayat yang dilafalkan oleh guru kemudian secara bersama-sama menirukan serta menghafalkannya.

Faktor pendukung peranan metode pembiasaan hafalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Metro adalah a. tersedianya Al-Qur’an, semangat dari guru dan peserta didik itu sendiri dan penguasaan guru yang maksimal serta pengalaman mengajar, b. semangat peserta didik yang kuat, c. pertemuan guru yang sangat intensif, d. punya tanggung jawab yang besar, d. motivasi peserta didik yang tinggi. Sedangkan faktor penghambat peranan metode pembiasaan hafalan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Metro adalah a. peserta didik bermalas-malasan, dan kurang semangat, kurang konsentrasi, serta tingkat kecerdasan peserta didik berbeda-beda, b. kemampuan membaca peserta didik yang tidak sama, c. kemampuan hafalan peserta didik tidak sama, d. alokasi waktu yang kurang, e. terdapat beberapa peserta didik yang belum memiliki semangat menghafal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 01 Jul 2020 02:14
Last Modified: 01 Jul 2020 02:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item