Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di SMA Negeri Se-Kota Metro

Zaini, Akhmad (2020) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik Di SMA Negeri Se-Kota Metro. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS AKHMAD ZAINI NIM. 1706391.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, bangsa Indonesia dihadapkan dengan fenomena menurunnya etika dan moral di kalangan pelajar. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berkembangnya kemajuan globalisasi dan teknologi yang begitu cepat serta akses informasi yang semakin mudah didapat semua lapisan masyarakat, kurangnya perhatian orang tua terhadap perkembangan anak, dan kurangnya perhatian pemerintah yang hanya terfokus pada pembangunan dalam aspek fisik saja dan tidak diimbangi dengan pembangunan karakter. Pengembangan Pendidikan karakter sebenarnya sudah lama diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Tetapi implementasi pengembangan pendidikan karakter itu tidak dapat berjalan optimal, karena adanya dua hal yaitu: (1) kurang terampilnya para guru mengintregasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, (2) sekolah terlalu fokus mengejar target-target akademik khususnya target lulus ujian nasional. Berdasar pada beberapa asumsi dasar yang telah dijelaskan, maka pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Metro dan SMA Negeri 6 Metro, bagaimana pengembangan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Metro dan SMA Negeri 6 Metro, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pengembangan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Metro dan SMA Negeri 6 Metro.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan obyek kajian implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pengembangan karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview dan dokumentasi. Dan menggunakan metode triangulasi untuk menjamin keabsahan data. Sedangkan analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pengembangan karakter peserta didik melalui tiga tahapan yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Karakter peserta didik di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 6 Metro adalah: Religius dan Peduli Sosial. Faktor pendukung implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pengembangan karakter peserta didik yaitu : masjid, perpustakaan, pengeras suara, budaya bersalaman dengan guru sebelum masuk sekolah, dorongan yang kuat dari dewan guru, tersedianya Al Qur’an, adanya alat peraga, dan adanya evaluasi ditempat, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu : pengawasan peserta didik diluar sekolah, latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, faktor lingkungan yang kurang mendukung, tidak terpenuhinya kapasitas masjid, dan faktor pergaulan peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 07 Jul 2020 04:31
Last Modified: 07 Jul 2020 04:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3452

Actions (login required)

View Item View Item