Yanti, Nuri Riska (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui Financial Technology (Studi Kasus BNI Syariah KCP Rajabasa Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI NURI RISKA YANTI NPM. 1602100163.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan kualitas pelayanan adalah upaya pemenuhan kebutuhan yang dibarengi dengan keinginan konsumen serta ketepatan cara penyampainnya agar dapat memenuhi harapan dan kepuasan para konsumen. Perbankan syariah khususnya BNI Syariah KCP Rajabasa Bandar Lampung terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan dengan berbagai inovasi produk dan jasa yang berbasis financial technology. Namun, dalam peningkatan kualitas pelayanan tidak terlepas dari adanya preferensi nasabah, karena preferensi ini merupakan perilaku
nasabah dalam memilih suatu produk barang atau jasa,preferensi ini dapat diketahui dengan mengukur tingkat kegunaan dan nilai penting pada suatu produk, sehingga dapat menggambarkan sikap atau preferensi nasabah dalam menggunakan suatu produk atau jasa. Preferensi nasabah terhadap produk atau jasa dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap peningkatan kualitas pelayanan melalui financial technology di BNI Syariah KCP Rajabasa Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitiannya bersifat penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Semua data-data tersebut dianalisis menggunakan cara berfikir induktif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap peningkatan kualitas pelayanan melalui financial technology di BNI Syariah KCP Rajabasa Bandar Lampung ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor kebudayaan yang mempengaruhi berupa proses
sosialisasi yang melibatkan keluarga maupun lembaga penting lainnya, faktor sosial yang mempengaruhi yaitu berupa orang-orang sekitar seperti teman, tetangga maupun keluarga, faktor pribadi yang mempengaruhi berupa umur, pekerjaan dan kepribadian, sedangkan pada faktor psikologis yang mempengaruhi yaitu berupa motivasi, persepsi, keyakinan dan juga sikap. Namun, faktor yang paling dominan mempengaruhi preferensi nasabah adalah faktor psikologis karena preferensi
tersebut muncul dari keinginan nasabah itu sendiri atau disebut dengan motivasi, serta persepsi dan keyakinan dalam diri nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 08:03 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 08:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3454 |
Actions (login required)
View Item |