Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengaplikasikan Desain Grafis Dalam Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Metro)

Ningrum, Tri Pawitan (2020) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengaplikasikan Desain Grafis Dalam Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI TRI PAWITAN NINGRUM.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada era modern sekarang perkembangan ekonomi yang berbasis
teknologi dan informasi tidak bisa dielakkan lagi, hampir semua proses kehidupan mengalami proses konversi ke dalam proses tekonologi membuat tingkat ketergantungan kepada teknologi menjadi satu hal keniscayaan yang tidak terbantahkan. Menjadi seorang desainer grafis merupakan salah satu profesi yang masih sangat dicari saat ini karena banyaknya kebutuhan konsumen di bidang jasa percetakan, pemesanan banner, pembuatan iklan serta bermacam usaha di bidang desain grafis lainnya, sehingga banyak mahasiswa yang berminat untuk mempelajarinya agar terciptanya sebuah wadah baru didunia desain grafis. Akan tetapi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi syariah kampus IAIN Metro ini belum tersedia matakuliah mengenai Desain Grafis dan Ekonomi
Kreatif. Hal ini menyebabkan minat mahasiswa untuk menuangkan bakat dan talenta yang dimiliki menjadi kurang maksimal, sehingga ini menjadi suatu hal yang menarik untuk teliti.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat mahasiswa mengaplikasikan desain grafis dalam ekonomi kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sedangkan sifat penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisa data kualitatif dengan langkah-langkah analisis data menurut Miles dan Huberman tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa IAIN Metro Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2017 belajar mengaplikasikan desain grafis yaitu faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal yang menjadi alasan mahasiswa ESy mengaplikasikan desain grafis
adalah faktor Pendapatan, perasaan senang, dan motivasi. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor budaya dan faktor sosial. Dari beberapa faktor tersebut yang paling dominan adalah faktor pendapatan, motivasi, dan perasaan senang. Hal tersebut dikarenakan Memiliki usaha dibidang desain grafis dapat memberikan pendapatan yang dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan motivasi dapat memberikan dorongan yang lebih bagi mahasiswa dalam mempelajari desain grafis. Kemudian perasaan senang disini
berhubungan dengan hal-hal yang sesuai dengan keinginan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 14 Jul 2020 08:03
Last Modified: 14 Jul 2020 08:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item