Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kepercayaan nasabah terhadap Bank Syariah (Studi kasus BPRS Aman Syariah Sekampung)

Fitriani, Ajeng (2019) Kepercayaan nasabah terhadap Bank Syariah (Studi kasus BPRS Aman Syariah Sekampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
AJENG FITRIANI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank syariah akan berhasil memperoleh nasabah dalam jumlah yang banyak apabila dinilai dapat memberikan kepercayaan bagi nasabah. Terciptanya kepercayaan nasabah dapat memberikan manfaat, di antaranya memberikan kesan yang baik bagi nasabah dan membentuk suatu rekomendasi dari nasabah satu ke nasabah lain yang dapat menguntungkan perusahaan dan terciptanya loyalitas nasabah. Dari latar belakang diatas peneliti mengemukakan pertanyaan yaitu “Bagaimana kepercayaan nasabah terhadap BPRS Aman Syariah Sekampung?”.

Adapun manfaat dalam penelitian ini yaitu secara teoritis Untuk menambah wawasan dan pemahaman ilmu pengetahuan di bidang perbankan, khususnya yang berkaitan dengan Kepercayaan Nasabah Terhadap Bank Syariah di BPRS Aman Syariah (Studi kasus BPRS Aman Syariah Sekampung), secara praktis penelitian ini diharapkan dapat dijadikan informasi dan masukan yang berharga, guna untuk kepentingan pihak BPRS Aman Syariah dalam hal mengupayakan kepercayaan nasabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang merupakan metode penelitian yang memang benar terjadi dilapangan. Peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian yang didapat bahwa Tanggung Jawab Sosial (CSR) di Bank Aman Syariah dapat disimpulkan bahwa kepercayaan nasabah BPRS Aman Syariah terbentuk karena visi misi BPRS Aman Syariah yaitu Mendidik masyarakat untuk selalu memikirkan masa depan dan tidak hanya menguntungkan kepada nasib, namun lebih menekankan kepada usaha. BPRS Aman Syariah juga memberikan sosialisasi serta edukasi kepada nasabah bahwasannya seluruh kegiatan yang dijalankan oleh BPRS Aman Syariah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan sesuai dengan regulasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Faktor-faktor yang membentuk kepercayaan nasabah terhadap BPRS Aman Syariah ada tiga yaitu kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), dan integritas (integrity). Kepercayaan nasabah BPRS Aman Syariah dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para nasabah. Artinya bahwa semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi pula kepercayaan yang diterima oleh konsumen pada suatu perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Jul 2020 01:42
Last Modified: 03 Jul 2020 01:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item View Item