Damayanti, Rida Rosa (2020) Implementasi Marketing Tactic Dalam Meningkatkan Minat Peserta Takaful Melalui Bancassurance Syariah (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI RIDA ROSA DAMAYANTI_NPM.1602100238_S1 PBS.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Instrumen asuransi yang berkembang di Indonesia terdapat dua bagian yaitu asuransi konvensional dan asuransi syariah. Asuransi syariah merupakan usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah pihak melalui investasi dalam bentuk asset dan atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi resiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Sehingga berdasarkan prinsip tolong menolong ini, perusahaan asuransi syariah berusaha menarik minat masyarakat sebanyak mungkin. Hal tersebut
sesuai dengan tujuan umum perusahaan yaitu untuk tetap hidup dan berkembang. Dan tujuan tersebut hanya dapat dicapai melalui usaha mempertahankan dan meningkatkan tingkat keuntungan atau laba perusahaan serta apabila perusahaan
tidak memandang rendah kegiatan pemasaran, karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang memegang peranan penting dalam suatu perusahaan. Menyadari hal tersebut, AXA Mandiri Cabang Bandar Lampung melakukan berbagai taktik pemasaran dalam upaya meningkatkan minat peserta asuransi syariah melalui bancassurance syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan marketing tactic AXA Mandiri Cabang Bandar Lampung dalam meningkatkan minat peserta takaful melalui bancassurance syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap ASM AXA Mandiri Area Lampung, Financial Advisor AXA Mandiri Cabang Bandar Lampung, dan masyarakat yang telah menjadi peserta asuransi syariah. Tekhnik analisis data dilakukan dengan cara berfikir induktif.
Berdasarkan hasil penelitian.Kerjasama yang dilakukan oleh AXA
Mandiri dan Bank Syariah Mandiri KC Bandar Lampung dalam memasarkan produk yaitu bancassurance syariah dengan menggunakan model bisnis secara referensi (referal) karena bank hanya berperan sebagai pihak yang mereferensikan atau merekomendasikan produk asuransi kepada nasabah bank. Dan dalam penambahan peserta asuransi syariah sangat erat kaitannya dengan taktik pemasaran yang dilakukan oleh AXA Mandiri Cabang Bandar Lampung. Dan taktik pemasaran yang sudah dilakukan diantaranya dalam bentuk differensiasi, marketing mix dan dalam selling.
Kata kunci : Marketing tactic, Takaful, dan Bancassurance Syariah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 02:52 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 02:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3463 |
Actions (login required)
View Item |