Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Tinjauan Studi Kelayakan Bisnis Syariah terhadap Pengembangan Ekonomi Kreatif (Studi Pada Produksi Kriya Gerabah di Desa Selo Rejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung)

Fauziah, Habibatul (2020) Tinjauan Studi Kelayakan Bisnis Syariah terhadap Pengembangan Ekonomi Kreatif (Studi Pada Produksi Kriya Gerabah di Desa Selo Rejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi habibatul fauziah.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Banyaknya masyarakat Dusun Sumber Mulyo Desa Selo Rejo bermata pencaharian sebagai pengrajin gerabah. Hal tersebut didukung karena banyaknya tanah liat di daerah tersebut. Sebelum membuat gerabah tersebut para pengrajin mengambil tanah liat dengan menggalinya terlebih dahulu di lahan yang telah disewanya. Manfaat adanya suatu bisnis dari aspek lingkungan hidup adalah dapat memanfaatkan kekayaan lokal yang ada tetapi dengan pengambilan tanah liat secara terus menerus apakah akan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan sekitar. Kerajinan gerabah di Desa Selo Rejo ini merupakan produk tradisional warisan dari nenek moyang dahulu, meskipun produk tradisional tetapi masih banyak konsumen yang menyukainya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan kelayakan bisnis syariah terhadap pengembangan ekonomi kreatif dari aspek lingkungan hidup serta aspek pemasaran tentang kerajinan gerabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, sedangkan sifat penelitian ini adalah diskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 8 pengrajin gerabah dan 3 masyarakat yang menyewakan lahan. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan metode analisis data secara induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tinjauan studi kelayakan bisnis syariah baik dari aspek lingkungan hidup serta pemasaran layak untuk dijalankan. Karena dalam pengambilan tanah liat tidak merusak struktur tanah serta mendatangkan dampak positif yang besar yaitu menambah pendapatan baik para pengrajain gerabah maupun yang menyewakan lahan. Begitu juga dengan aspek pemasaran sudah sesuai dengan pemasaran syariah dengan menerapkan empat karakteristik yaitu Teistis atau ketuhanan (Toko Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqiiyyah), dan Humanitis (Al-Insaniyyah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 07 Jul 2020 04:32
Last Modified: 07 Jul 2020 04:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item