Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat Terhadap Produk Kosmetik Wardah Pada Masyarakat 38B Banjarrejo

Ningsih, Fitri Agustia (2020) Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Masyarakat Terhadap Produk Kosmetik Wardah Pada Masyarakat 38B Banjarrejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
1502040150-FITRI AGUSTIA NINGSIH-SKRIPSI.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat beli diartikan sebagai suatu hal yang berhubungan dengan rencana konsumen untuk membeli suatu produk tertentu yang disesuaikan dengan kesenangan dan kepentingan konsumen. Kosmetika adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut.Wardah cosmetic menghadirkan kosmetika berformula inovatif yang aman, halal, praktis, bahkan memenuhi kebutuhan dan selera setiap wanita.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli masyarakat terhadap produk kosmetik Wardah pada masyarakat 38B Banjarrejo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), dan sifat penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitataif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Metode analisi data dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi minat beli masyarakat terhadap produk kosmetik Wardah yaitu faktor internal (keyakinan, keluarga, pengetahuan, sikap, pembelajaran, motivasi keterlibatan, dan gaya hidup) dan eksternal (budaya, pemasaran usaha, dan kelas
sosial). Dari faktor internal menunjukkan bahwa faktor keyakinan dan pengetahuan merupakan faktor yang paling mendominasi hasil penelitian ini, karena tanpa keyakinan dan pengetahuan masyarakat tidak akan membeli produk kosmetik Wardah, dan tidak akan beralih ke produk lain, sebab Wardah sudah berlabel halal dari MUI, ber-BPOM, tidak mengandung merkuri, dan terbuat dari bahan alami. Sedangkan dari faktor eksternal menunjukkan bahwa faktor harga merupakan faktor yang mendominasi hasil penelitian ini, karena harga yang ditawarkan oleh produk kosmetik Wardah terjangkau dan bisa mendapatkan diskon hingga 5-18%.

Kata kunci: Minat Beli, dan Produk Kosmetik Wardah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 14 Jul 2020 08:03
Last Modified: 14 Jul 2020 08:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3500

Actions (login required)

View Item View Item