Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam menambah Investor Baru Pasar Modal (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Cabang Bandar Lampung)

Pujianto, Erik (2019) Strategi Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam menambah Investor Baru Pasar Modal (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Cabang Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ERIK PUJIANTO_S1 PERBANKAN SYARIAH_2.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu bagian dari pasar keuangan (financial market), disamping pasar uang (money market) yang sangat penting perannya bagi pembangunan nasional pada umumnya, khususnya bagi pengembangan dunia usaha sebagai salah satu alternatif sumber pembiayaan eksternal oleh perusahaan. Dilihat dari sisi pemodal (investor), pasar modal sebagai salah satu sarana investasi dapat bermanfaat untuk menyalurkan dananya ke berbagai sektor produktif dalam rangka meningkatkan nilai tambah terhadap dana yang dimilikinya. Singkatnya pasar modal adalah tempat bertemunya pihak pemilik modal dengan pihak yang membutuhkan/kekurangan modal untuk bertransaksi dalam jangka waktu yang panjang atau lebih dari satu tahun. Menyadari hal tersebut, Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Cabang Bandar Lampung melakukan berbagai strategi dalam upaya menambah investor baru pasar modal.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Cabang Bandar Lampung dalam menambah investor baru pasar modal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap ketua Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Cabang Bandar Lampung, Staf Trainer, dan masyarakat yang berada di Provinsi Lampung. Tekhnik analisis data dilakukan dengan cara berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, Penambahan investor baru pasar modal sangat erat kaitannya dengan strategi yang dilakukan oleh Bursa Efek Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung. Beberapa strategi yang sudah dilakukan diantaranya dalam bentuk sosialisasi, edukasi serta kerjasama dengan media dan iklan. Bentuk sosialisasi yang dilakukan berupa kegiatan seminar dan sosialisasi Go Public. Kegiatan dalam bidang edukasi meliputi mendirikan Galeri Investasi, Sekolah Pasar Modal, kegiatan Forum Calon Investor, Forum Investor, Klinik Investasi, Edukasi Publik, serta Fundamental dan Teknikal. Strategi dengan media meliputi Workshop Wartawan dan kerjasama dengan media cetak Lampung Post, Radar Lampung, dan Tribun News. Bursa Efek Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung juga menggunakan Instagram sebagai sarana penyebaran informasi pasar modal. Selain itu, Bursa Efek Indonesia Kantor Cabang Bandar Lampung membuat desa nabung saham yang letaknya di desa Sidorejo, Lampung selatan. Desa nabung saham merupakan desa kedua yang ada di Indonesia, dimana desa nabung saham yang pertama terletak di Kalimantan Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 10 Jul 2020 08:04
Last Modified: 10 Jul 2020 08:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item