Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor yang Memotivasi Wanita Berwirausaha (Jual Makanan) di Area Kampus 1 IAIN Metro

Fuad, Cika Siti Khusnul (2020) Faktor-Faktor yang Memotivasi Wanita Berwirausaha (Jual Makanan) di Area Kampus 1 IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI CIKA SITI KHUSNUL FUAD (NPM. 1502040017).pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kampus merupakan tempat bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk menuntut ilmu, selain itu banyak aktivitas yang ada di dalamnya yang melibatkan banyak unsur, mulai dari pegawai, dosen, hingga masyarakat yang sebagian kecil menggantungkan hidupnya di lingkupan kampus. Salah satunya usaha kecil menengah, seperti: berjualan makanan dengan cara berkeliling area kampus dan yang menempati tempat yang telah disediakan. Barang yang ditawarkan biasanya seperti gorengan, roti, empek-empek, sosis bakar, bakso bakar, es teh, danaqua. Di area Kampus 1 IAIN Metro wanita wirausaha atau berdagang sudah sangat mudah kita temui. Dari masing-masing wirausahawan tentunya memiliki faktor yang melatarbelakangi mereka berdagang oleh karena itu peneliti ingin menggali lebih dalam mengenai faktor-faktor apa yang memotivasi wanita berwirausaha (jual makanan) di area Kampus 1 IAIN Metro.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang memotivasi wanita berwirausaha(jual makanan) di areaKampus 1 IAIN Metro. Manfaat secara teoritishasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada ilmu pengetahuan yang nantinya bisa digunakan sebagai acuan atau referensi untuk penelitian yang sejenis sebagai pengembangan ilmu ekonomi dan menambah wawasan bagi penulis sertapelaku wirausaha di areaKampus 1 IAINMetro. Secara praktispenelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasidan acuan serta pedoman khususnyabagi mahasiswa dan masyarakat umum dalam pelaksanaan bisnis atau berwirausaha.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) dan bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi guna mendapatkan data yang dibutuhkan, dengan menggunakan metode analisisis secara induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memotivasi wanita berwirausaha di areaKampus 1 IAIN Metrosudah sesuai dengan teori, kemudian dapat digolongkan sebagai berikut : faktordukungan dari keluarga, membantu meringankan ekonomi keluarga, hobi, pengalaman dimasa kecil, dan keinginan untuk mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tari Eka Miyanti
Date Deposited: 15 Jul 2020 02:45
Last Modified: 15 Jul 2020 02:45
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item