Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) Pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Kedaton

Meilistiya, Bernita Putri (2019) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) Pada PT. Bank BRI Syariah Kantor Cabang Kedaton. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI BERNITA PUTRI MEILISTIYA - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

BRI Syariah hadir melalui Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) untuk membantu anak-anak memupuk kesadaran menabung sekaligus meningkatkan literasi agar mereka mengenal bank sejak dini. Didalam tabungan Simpanan Pelajar ini terdapat 3 pihak yaitu Bank, penabung dan sekolah. Keuntungan bagi sekolah dengan adanya tabungan Simpanan Pelajar ini adalah bisa mendidik siswa-siswi untuk menabung sejak dini yang mana di bantu oleh pihak bank agar siswa-siswi bisa menyisihkan uang jajan mereka. Semenjak meluncurkan produk Tabungan Simpanan Pelajaar (SimPel), BRI Syariah hingga saat ini terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan guna terus memasyarakatkan produk Tabungan SimPel BRI Syariah tersebut. Jadi dengan adanya tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) ini anak-anak PAUD, TK, SD, SMP, SMA sudah mengetahui bank sejak dini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank BRI Syariah Kantor Cabang Kedaton dalam memasarkan produk Tabungan Simpanan Pelajar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitiannya yaitu deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dua teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bank BRI Syariah Kantor Cabang Kedaton pada tabungan Simpanan Pelajar yaitu dengan menerapkan konsep segmenting, targeting, positioning, serta dengan menerapkan tujuh unsur yang terdapat pada bauran pemasaran atau marketing mix yakni strategi produk, strategi price, strategi promotion, dan strategi place, people, physical Evidence dan process. Strategi pemasaran tabungan simpanan pelajar (simpel) dari tahun ke tahun tidak sempurna berhasil karena berdasarkan laporan total pendapatan nasabah dari produk Tabungan simpanan pelajar (simpel) pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Kedaton periode 2019 hanya sedikit jumlah nasabahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Dec 2019 14:14
Last Modified: 17 Dec 2019 14:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item View Item