Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16b Metro Barat Kota Metro)

Noviana, Nina (2019) Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Analisis di Pondok Pesantren Darul A’mal Mulyojati 16b Metro Barat Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NINA NOVIANA.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan sebuah komponen yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan, salah satunya pada proses pembelajaran pendidikan agama islam. Strategi pembelajaran pendidikan agama islam ini merupakan salah satu upaya untuk menerapkan bagaimana nilai-nilai ajaran agama islam yang ada pada tiap materi mampu dipelajari, dipahami serta bisa diamalkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Karena strategi itu sangat penting dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang dicapai.Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah diatas, maka pertanyaan penelitian ini yaitu “Bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Darul A’mal kota Metro?”.

Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan bersifat deskriptif yang peneliti lakukan di pondok pesantren Darul A’mal Mulyojati 16b Metro Barat kota Metro. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di pondok pesantren. Data yang diperoleh melalui beberapa metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk memudahkan penganalisaan data, lalu diinterprestasikan dengan cara berfikir induktif, yaitu berdasarkan pengetahuan khusus kemudian diambil suatu pemecahan yang bersifat umum, sehingga menghasilkan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan.

Berdasarkan hasil analisa data observasi, interview, dan dokumentasi yang peneliti peroleh maka dapat disimpulkan bahwa Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam di pondok pesantren Darul A’mal ini menggunakan pendekatan yang berpusat pada guru, namun santri juga berperan aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu menggunakan analisa data kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder yang didapatkan melalui wawancara dengan informan inti dan informan biasa serta pengamatan berkali-kali tentang kehidupan di pondok pesantren.

Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi kooperatif, inkuiri, pembelajaran kontekstual atau CTL dan strategi pembelajaran langsung dengan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan tanya jawab. Pada semua strategipembelajaran tersebut di atas ada prinsip yang melekat yaitu prinsip tabarruk. Prinsip tabarruk yang selalu melekat pada setiap strategi dan metode pembelajaran adalah karena didasarkan pada keyakinan yang mendalam bahwa pelajaran agama Islam bisa masuk pada kognisi si belajar, lalu menimbulkan penghayatan dalam hati sehingga menjadi sikap dan terejawantahkan ke dalam bentuk prilaku si belajar hanya dengan barokah dari Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jul 2020 00:59
Last Modified: 17 Jul 2020 00:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item