Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi pemasaran dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk tabungan haji dan umroh pada Bank Muamalat Indonesia Kota Metro Tahun 2018

Mulyawati, Aticha (2020) Strategi pemasaran dalam meningkatkan minat nasabah terhadap produk tabungan haji dan umroh pada Bank Muamalat Indonesia Kota Metro Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ATICHA MULYAWATI.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan bagian dari manajemen perusahaan dan juga menjadi faktor sangat penting, karena pemasaran akan mempengaruhi secara langsung terhadap kelancaran maupun keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuannya. Salah satu lembaga keuangan yang memberikan penawaran produk tabungan haji adalah Bank Muamalat Indonesia Kota Metro. Produk tabungan haji yang ditawarkan oleh Bank Muamalat Indonesia Kota Metro bernama Program Rezeki Haji Berkah. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir Bank Muamalat Indonesia Kota Metro produk Rezeki Haji Berkah telah mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan.

Peneliti memilih jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yaitu penelitian yang memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan terperinci mengenai latar belakang keadaan sekarang yang dipermasalahkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan strategi pemasaran dalam meningkatkan minat nasabah terhadap Produk Tabungan Haji dan Umroh pada Bank Muamalat Indonesia Kota Metro Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi. Semua data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara berfikir induktif.

Berdasarkan hasil penelitian dan data yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa strategi yang digunakan pada produk Tabungan Haji dan Umroh di BMI Kota Metro adalah 4p yaitu 1) Product mix. Produk tabungan haji dan umroh merupakan produk unggulan karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya bebas biaya administrasi, serta dapat mengikuti program Rezeki Haji Berkah yang akan berkesempatan mendapatkan gratis umroh setiap tahunnya. 2) Price mix. Nasabah memilih tabungan haji dan umrah karena dari segi harga, pihak BMI Kota Metro tidak memberatkan para nasabah dan dengan menabung paling kecil 5 ribu rupiah paling sedikit setiap harinya. 3) Place mix. Berkenaan dengan tempat, para nasabah beralasan bahwa BMI Kota Metro mudah dijangkau dan nyaman dengan lokasinya yang aman. 4) Promotion. Promosi yang digunakan oleh BMI Kota Metro hanya sebatas pemberitahuan melalui salah satunya program Rezeki Haji Berkah. Jadi faktor promosi begitu kuat menjadi faktor bagi nasabah dalam memilih produk tabungan haji dan umrah.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Minat Nasabah & Tabungan Haji dan Umrah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 23 Jul 2020 08:47
Last Modified: 23 Jul 2020 08:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3561

Actions (login required)

View Item View Item