Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Praktik Usaha Fotografi Pra-Nikah Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

Anggraeni, Dwita (2020) Praktik Usaha Fotografi Pra-Nikah Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DWITA ANGGRAENI (NPM. 1602040086).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Islam memberikan pedoman atau ajaran pada setiap kehidupan manusia tidak terkecuali pada dunia bisnis dan masalah sosial. Di zaman sekarang tidak sedikit bisnis yang sudah menggunakan prinsip Islam. Karena jika ingin melakukan sesuatu terutama berbisinis harus mengikuti norma atau aturan – aturan yang sudah ada dalam pencapaian kesuksesan. dalam beretika bisnis yang terutama harus menggunakan prinsip ke-Esaan Tuhan, karena dalam setiap aktivitasnya seseorang akan merasa dirinya diawasi oleh Allah Swt, sehingga seseorang tersebut tidak akan berbuat yang seharusnya tidak dianjurkan oleh Allah Swt.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik usaha fotografi pranikah ditinjau dari etika bisnis Islam di Matrox Photography. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah sumber data primer yaitu tiga orang fotografer, satu orang karyawan, dan empat orang konsumen di Matrox Photography Kota Metro. Serta sumber data sekunder yaitu data yang bersumber dari dokumen atau bahan-bahan bacaan seperti buku dan hasil wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Sehingga, dapat diketauhi tentang praktik usaha yang dijalankan oleh Pak Antony apakah sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik usaha fotografi pranikah ditinjau dari etika bisnis Islam ada beberapa prinsip yang Islam yang dijalankan seperti kehendak bebas yaitu bebas menolak dan berpendapat dalam melakukan pemotretan dan pada prinsip keadilan fotografer akan melakukan pekerjaannya semaksimal mungkin agar konsumen tidak kecewa dengan hasilnya dan si konsumen membayar sesuai dengan hasilnya. Namun ada prinsip Islam yang tidak dilaksanakan seperti ke-Esaan, tanggung jawab dan kebajikan. Pada praktik usaha ini pengambilan fotonya masih terdapat hal – hal yang melanggar syariat Islam.

Kata Kunci: Fotografi Pranikah, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 22 Jul 2020 00:41
Last Modified: 22 Jul 2020 00:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3564

Actions (login required)

View Item View Item